Ekonomi

Sandiaga Uno Kagum Ada Produk Dunia di Desa Kuripan Cilacap

SuaraPanrtau.com, Cilacap – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno kagum di Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Cilacap Jawa Tengah, Jumat (14/12/2018), ada produksi kain tenun dengan menggunakan bahan alami dan sudah mendunia. Produksinya sudah diekspor ke manca negara.

“Saya sungguh kagum di pelosok Desa Kuripan Kidul ada produk yang menggunakan rumput Wlingi yang diolah menjadi serat dan dijadikan berbagai produk busana dan asesorisnya. Tidak ada materi impor. Semuanya merupakan produk lokal. Ini yang membuat saya kagum,” terang Sandi saat menggelar acara Gerak OK OCE dengan tajuk Ngopi Bareng Bang Sandi Nang Ndeso.

Indria Aryanto anggota Gerakan Bersama OK OCE Cilacap, mengaku ingin menggerakkan ekonomi rakyat. Masyarakat desa di sekitar Cilacap diberikan pelatihan proses pembuatan kain tenun dengan Wlingi dan Daun Jenitri. indria mengaku hasil produk itu dijual ke mamcanegara.

“Kita bisa kok punya produk sekelas dunia dengan hasil bumi dan dan kekayaan materi di Indonesia, dan tidak menggunakan bahan impor,” terang Indria yang memproduksi kain tenun, batik, benang, craft, gaun wedding dengan menggunakan bahan dari wlangi dan daun Jentiri.

“Mba Indria sang pendiri memproduksi kain tenun dari bahan-bahan alami seperti dari daun wlingi dan jenitri. Dan ini dilakukan dengan melibatkan warga desa. Menggerakkan ekonomi dengan kelas ekspor. Prabowo Sandi akan fokus pada UMKM, karena merekalah denyut nadi ekonomi di negeri ini,” terang Sandi.(RN)

Facebook Comments

Tags

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Close
Close
%d blogger menyukai ini: