Opini: Refleksi Lembaga Pendidikan di Era Digital

  • Whatsapp
Dosen Universitas Madako Tolitoli, Dr. Burhan - SUARAPANTAU.COM

Penulis: Dr. Burhan, M.Pd (Dosen Universitas Madako Tolitoli)

SEIRING berkembangnya teknologi di era modern, disaat dunia semakin tidak berjarak dan mengglobal. Transformasi budaya, gaya hidup dan dan arus informasi begitu bebas diakses, bahkan hampir tak terbendung telah memberikan andil besar dalam proses terjadinya dekadensi moral .

Bacaan Lainnya

Dalam situasi tersebut, peran lembaga pendidikan yang didalamnya terdiri berbagai unsur, terkhusus bagi pendidik banyak yang tak berdaya dengan serbuan arus globalisasi serta transformasi budaya.

Akibatnya, lahirlah generasi dan pendidik yang tak bermoral, berbagai kasus fenomenal menghiasi ruang institusi yang menganggap dirinya Independen dan merdeka. Namun sulit independen dalam menentukan sikap karena sebagian hidupnya telah diserahkan menghamba pada penguasa dan pemodal.

Iklan PU Makassar

Sehingga dalam mengambil keputusan tidak lagi berdasar objektivitas tetapi berdasarkan fasilitas dan bahkan jauh dari keadilan. Begitupun aspek merdeka yang tidak merdeka dari godaan jabatan, korupsi dan perbuatan-perbuatan amoral.

Dinamika perkembangan abad ke-21, dengan munculnya revolusi industri 4.0 dan society 5.0, serta perkembangan sain dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan dan kesepakatan masyarakat regional dan global berdampak pada tuntutan kompetensi pendidik yang relevan dengan dunia kerja serta kemajuan zaman.

Lembaga pendidikan harus menjadi lokomotif moral generasi bangsa sehingga terbebas dari sifat saling menjatuhkan, mengkerdilkan dan bahkan meghalalkan segala cara demi nafsu individu.

Lembaga Pendidikan hadir sejatinya untuk menjadi penerang dari kegelapan, pengembang ilmu pengetahuan dari suasana kejumudan, penegak kebenaran ilmiah dari pembenaran irasionalitas serta tidak hanya berperan dalam mentransfer ilmu pengetahuan.

Akan tetapi menghasilkan generasi yang dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara komprehensif. Olehnya itu, pada suasana Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini, lembaga pendidikan dan unsur didalamnya penting untuk merefleksi diri.

Hal ini, penting untuk mempersiapkan lembaga yang berkontribusi membentuk serta menjaga moral bangsa. Sehingga Indonesia yang kita cintai ini menjadi bangsa yang berkemajuan.(*)

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

 

Kirim artikel atau opini anda ke email redaksi redaksisuarapantau@gmail.com
Facebook Comments

Pos terkait