Dosen UNJ Gelar Pelatihan Surfing Tingkat Pemula Bagi Anak Krui Pesisir Barat Lampung

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, LAMPUNG – Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta gelar pelatihan Surfing tingkat pemula berbasis permainan bagi anak Krui pesisir Barat Lampung, Rabu (26/5/21).

Kegiatan ini sebagai bentuk konsistensi dosen dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi yakni pengajaran,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Ketua pelaksana Dr.Nofi Marlina Siregar, mengungkapkan dosen UNJ diwajibkan minimal sekali setahun  melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

“Seorang dosen memiliki tugas pokok melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Di UNJ seorang dosen diwajibkan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat minimal sekali dalam setahun”,ungkapnya.

Menurut Ketua Prodi Olahraga Rekreasi 2011-2019 itu kegiatan pelatihan Surfing dilatar belakangi analisa pantai Krui yang memiliki potensi untuk bermain Surfing, namun sementara anak-anak di sekitaran pantai tersebut jarang bermain surfing dan menganggap biaya Surfing terlampau mahal.

“Kami memberikan pelatihan surfing berawal dari saya menganalisa kondisi di pantai krui sangat  cocok untuk bermain surfing, namun anak anak disekitar pantai jarang bermain surfing, kurangnya sosialisasi tentang surfing, masih menganggap susah belajar surfing, dan beranggapan olahraga surfing cukup mahal”,lanjutnya.

Kordinator pusat sertifikasi dan profesi pendidikan tersebut juga menjelaskan tujuan dan manfaat pelaksanaan pelatihan surfing tingkat pemula berbasis permainan.

Nofi menyebutkan pelatihan ini, bertujuan untuk mengenalkan olahraga surfing kepada anak dalam bermain di pantai.

“Juga sebagai ajang berbagi pangalaman kepada anak dalam mengambangkan dan mengaplikasikan model latihan surfing berbasis permainan,” ungkapnya.

Lebih jauh kata Nofi, kegiatan ini sebagai bentuk peran aktif terhadap pengembangan ilmu di masyarakat.

“Menjalankan Tri Drama Perguruan Tinggi yang salah satu unsurnya Pengabdian Masyarakat. Memberikan kontribusi bagi khasanah ilmu pengetahuan terutama terkait dengan model latihan surfing tingkat Berbasis Permainan,” tandasnya.

Kegiatan pelatihan Surfing bagi anak dapat membantu mengarahkan untuk mempraktekkan langsung teknik dasar bermain surfing.

“Mereka (anak peserta surfing, red) dapat  merasakan kesenangan dan kepuasan tersendiri  yang akan memotivasi anak untuk menjadi atlit Surfing Profesional”,terangnya.

Diketahui kegiatan pelatihan diketuai oleh Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd bersama tim dosen fakultas ilmu keolahragaan(FIO) yaitu Eka Fitri Novitasari, M.Pd dan Drs. Zulham, M,Si.

Kegiatan ini, bekerjasama dengan  Pesisir Barat Surfing Asosiasi (PBSA) diikuti 30 peserta selama dua hari  secara gratis.

Acara pelatihan tersebut diakhiri dengan mini lomba mini Surfing antar peserta.

(*/SA)

Facebook Comments

Pos terkait