Prof Awaluddin Tjalla Dikukuhkan Jadi Guru Besar Tetap UNJ

  • Whatsapp
Pengukuhan Guru Besar Prof. Awaluddin Tjalla

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA– Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kukuhkan 22 guru besar baru. Pengukuhan tersebut digelar secara hybrid (luring dan daring). Selasa, (15/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut turut dikukuhkan Wakil Ketua Umum (Waketum) BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Prof Awaluddin Tjalla M.Pd sebagai guru besar tetap bidang ilmu pendidikan bimbingan dan konseling FIP UNJ.

Bacaan Lainnya

Pada pengukuhannya sebagai guru besar, Prof Awaluddin menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Menghadapi Abad 21.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Awaluddin mengatakan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter bangsa dilakukan oleh kepala sekolah, guru, konselor secara bersama-sama sebagai suatu komunitas pendidik dan diterapkan ke dalam kurikulum.

Sehingga, pendidik dan satuan pendidikan perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karakter dalam kurikulum, silabus yang sudah ada.

Prinsip pelayanan yang digunakan dalam pengembangan pendidikan karakter mengusahakan agar peserta didik/konseli mengenal dan menerima nilai-nilai karakter sebagai milik peserta didik/konseli dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya.

Riwayat hidup Prof Awaluddin Tjalla dibacakan langsung Prof Hafid Abbas yang juga Ketua Senat UNJ dan mantan Ketua Komnas HAM. Sejumlah undangan hadir di antaranya Prof Din Syamsuddin, Ketua Umum BPP KKSS Muchlis Patahna, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara dan tamu lainnya yang bergabung via daring.

(*/rls)

Facebook Comments

Pos terkait