Prof. Fahrurrozi Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia UNJ

  • Whatsapp
Dekan Terpilih Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 2021-2025 Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kukuhkan 22 guru besar baru. Pengukuhan tersebut digelar secara hybrid (luring dan daring). Selasa, (15/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut turut dikukuhkan Dekan terpilih Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 2021-2025 Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd sebagai guru besar tetap Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar FIP UNJ.

Bacaan Lainnya

Pada pengukuhannya sebagai guru besar, Prof. Fahrurrozi menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Model Penilaian kemampuan membaca Permulaan Siswa kelas Awal Sekolah Dasar”.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Fahrurrozi menyatakan “ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, langkah-langkah yang harus dipahami oleh para guru yang sesuia dan disusun berdasarkan indikator-indikator agar siswa memahami membaca permulaan adalah pertama, siswa harus memahami kesadaran fonologis dan fonemik; kedua fonika; ketiga kosa kata; keempat pemahaman dan; kelima adalah pemaknaan”.

Menurut ketua Perkumpulan Pengelola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (PPPSPGSDI) tersebut bahwa “memahami pola atau strategi kemampuan membaca permulaan bagi siswa sekolah dasar awal ini sangat penting karena untuk membekali kemampuan membaca lanjutan siswa kelas atas”, tutupnya.

Riwayat hidup Prof. Fahrurrozi dibacakan langsung oleh Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd. Sejumlah undangan yang hadir diantaranya Rektor Universitas PGRI Palembang. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ketua STKIP PGRI Palembang, Rektor Universitas Pendidikan dan tamu lainnya yang bergabung secara daring.

(*/rls)

Facebook Comments

Pos terkait