Menhan Prabowo: Perwira TNI Harus Peka Terhadap Perkembangan Strategis dan Ancaman

Menhan Prabowo Subianto pimpin Rapat Pokja penyusunan dokumen strategis pertahanan negara, di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Jumat (712022) - SUARAPANTAU.COM/IST

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto mengingatkan seluruh jajaran perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti perkembangan lingkungan strategis serta harus selalu belajar dan bersiap diri menghadapi kemungkinan situasi terburuk.

Ia juga berpesan agar perwira TNI selalu waspada, disiplin, dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas.

Hal tersebut, disampaikan Menhan Prabowo kepada seluruh peserta tim Kelompok Kerja (Pokja) penyusunan dokumen strategis pertahanan negara di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Jumat (7/1/2022).

Menhan Prabowo pada pemaparan sebelumnya telah menggarisbawahi pentingnya analisis terhadap perkembangan lingkungan strategis dan kontijensi ancaman.

Bacaan Lainnya

Kepada seluruh tim Pokja yang beranggotakan Perwira Tinggi dari Kemhan, Unhan RI, Mabes TNI, dan Mabes AD, AL, dan AU, Menhan berpesan perlu kembali adanya penajaman pada hal-hal penting di tahap strategis hingga teknis.

“Produk ini bisa kita jalankan. Konsep sudah dan hanya butuh sedikiit pendalaman materi. Untuk pematangannya, kita siapkan ini sebagai produk yang akan kita paparkan nanti saat rapat pimpinan nasional, walaupun masih dalam bentuk konsep,” ungkap Prabowo.

Kepada seluruh tim perumus, Menhan melihat adanya kedalaman materi yang perlu diperkuat terutama dengan menyinggung sejarah perjuangan bangsa yang kemudian dimasukkan dalam pembahasan doktrin pertahanan.

Dengan ini Menhan berharap bahwa kita perlu membangun semangat kepercayaan diri negara Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.
“Jangan pernah terlalu percaya begitu saja, apalagi silau dengan kekuatan pihak lain. Tumbuhkan percaya diri bahwa kita mampu sendiri. Jangan menggantungkan jaminan pertahanan negara pada negara lain.” harap Menhan.

Sebagai bentuk penghargaan kepada tim Pokja, Menhan Prabowo dipenghujung acara memberikan sertifikat penghargaan kepada Pa Sahli Bid Konmsos Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Tri Martono, Waasops KSAD Bid Renops Brigjen TNI Suoriono, Waasrena KSAL Lakma TNI Yayan Sofiyan, dan Waasrena Kasau Marsma TNI Surya Chandra Siahaan.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Asisten Khusus I Bid Jamenhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Asisten Khusus III Bid Matra Laut Laksdya TNI (Purn) Didit Hermawan, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, dan Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarulla Octavian.

Selain itu, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason, Warek I Unhan RI Mayjen TNI Dr. Jonni Mahroza dan Pa Sahli Bid Konmsos Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Tri Martono.

(*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *