Survei Litbang Kompas, Perempuan Condong Pilih Capres Militer Ketimbang Kepala Daerah

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto

SUARAPANTAU.COM — Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Komunikonten Hariqo Satria merespon hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan bahwa mayoritas pemilih perempuan menginginkan capres dari unsur militer.

Hasil Survei tersebut merekam data persentase sebanyak 20,9% pemipih perempuan menginginkan capres berlatar belakang militer dari yang sebelumnya menginginkan kepala daerah.

Berdasarkan survei itu, pemilih perempuan juga kini condong memilih karakter pemimpin yang berwibawa dan tegas sebagai kriteria utama ketimbang sebelumnya yang merakyat dan sederhana.

Hariqo mengatakan ada sejumlah alasan dari pergeseran itu. Salah satunya adalah karena faktor Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca Juga: Gerilya PAPERA di Jateng, Ratusan Pedagang Pasar Kabupaten Tegal Nyatakan Dukungan ke Prabowo

“Meningkatnya pilihan pada latar belakang militer ya karena mereka menyukai Prabowo Subianto,” kata Hariqo.

Hariqo juga menyoroti dari pandangan atas organisasi TNI di balik meningkatnya keinginan perempuan agar Indonesia dipimpin oleh presiden berlatar belakang militer.

“Karena TNI adalah lembaga yang paling dipercaya oleh masyarakat. Ini tergambar di berbagai survei lainnya juga,” ucapnya.

Faktor lain yang juga disorot Hariqo yakni fenomena banyaknya kepala daerah yang tersandung kasus korupsi.

“Mereka tak lagi ingin dipimpin latar belakang kepala daerah karena banyak kasus korupsi dan kepala daerah dianggap tidak memenuhi janji-janji saat kampanye.” kata Hariqo.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait