KKN MBKM UNS Asah Kemampuan Taktikal Atlet Sepakbola

SUARAPANTAU.COM – Mahasiswa dari Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dalam kelompok 148 reserch group kajian biomekanika dan teknologi olahraga menginisiasi Inclass Session.

Mahasiswa UNS mengasah kemampuan taktikal yang merupakan inti dari salah satu keberhasilan dalam dunia sepakbola.

Program ini adalah bagian dari Program Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN MBKM) yang berlangsung dari 11 Juli hingga 11 Oktober 2023.

Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan taktikal para pemain sepakbola di Akademi AT Farmasi Solo dan PFA Sukoharjo.

Inclass Session adalah kombinasi cerdas antara pendekatan teoritis di kelas dan implementasi langsung di lapangan.

Para pemain sepakbola dapat mengasah dan mengimplementasikan strategi dan taktik yang dipelajari dengan lebih mendalam.

Mahasiswa FKOR UNS memanfaatkan teknologi mutakhir serta pengetahuan biomekanika terbaru untuk membimbing para pemain dalam mengasah kemampuan taktikal mereka.

“Kami meyakini bahwa peningkatan kemampuan taktikal tidak hanya terjadi di lapangan, tetapi juga melalui pemahaman mendalam tentang teori sepakbola. Inclass session memungkinkan kami untuk menggabungkan kedua aspek tersebut dengan baik,” ujar Taufik Nur Hidyata, salah satu anggota kelompok 148.

Fokus dari kelompok penelitian ini adalah pada analisis pergerakan dan interaksi antar pemain dalam pertandingan sepakbola.

Dengan menggunakan perangkat lunak simulasi dan analisis video, mereka memberikan umpan balik yang sangat terperinci kepada pemain, membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan dalam strategi permainan.

Inclass session tidak hanya berfokus pada aspek teknis. Program ini juga memberikan kesempatan bagi pemain untuk memahami lebih dalam tentang ilmu sepakbola dan teknologi yang dapat mendukung kinerja mereka.

Inisiatif mereka telah membuka pintu bagi kolaborasi lebih lanjut antara akademi sepakbola dan perguruan tinggi, membawa manfaat besar bagi pengembangan sepakbola dan olahraga secara keseluruhan.

Program KKN MBKM UNS terus membuktikan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat dapat menciptakan terobosan baru dalam pengembangan olahraga.

Dengan semangat inovasi dan dedikasi, diharapkan bahwa kemampuan taktikal yang ditingkatkan ini akan menjadi landasan bagi pemain sepakbola untuk meraih prestasi lebih tinggi di masa depan.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemain, tetapi inclass session ini juga merupakan bagian dari upaya bersama untuk memajukan ilmu sepakbola secara lebih luas.

Dengan penggabungan pengetahuan teoritis dan praktis, mahasiswa FKOR UNS telah membawa kontribusi yang berarti dalam memajukan kemampuan sepakbola dan teknologi olahraga.

Para mahasiswa FKOR UNS dari kelompok 148 telah membuktikan bahwa inclass session bukan hanya sekadar metode baru.

Akan tetapi juga merupakan langkah konkret dalam mengasah kemampuan taktikal para pemain sepakbola.

Dengan semangat inovasi dan dedikasi, diharapkan bahwa keterampilan taktikal yang ditingkatkan ini akan menjadi landasan bagi atlet untuk meraih prestasi lebih tinggi di masa depan.

(Rls)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait