Komite Indonesia Muda Sebut Tuduhan Butet Kartaredjasa Terkait Polisi Berlebihan

SUARAPANTAU.COM – Aktivis Komite Indonesia Muda menyebut tuduhan Butet Kartaredjasa terkait intimidasi yang dilakukan aparat dinilai berlebihan.

Aktivis Komite Indonesia Muda, Frans kepada Suarapantau.com menyampaikan tanggapannya terkait hal tersebut, Kamis 7 Desember 2023.

Frans menyampaikan klaim intimidasi yang disampaikan Butet Kartaredjasa itu terlalu berlebihan.

Hal tersebut dikarenakan dalam pengurusan perizinan kegiatan keramaian umum dalam aturannya memang harus disampaikan ke Kepolisian.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: PP GMKI Minta Semua Pihak Tidak Terprovokasi dengan Kasus Bitung 

“Pada hakikatnya, dalam pengurusan kegiatan publik yang melibatkan banyak orang, sudah pasti harus menjalankan aturan dengan teliti dikarnakan situasi yang ada saat ini sedang dalam masa kampanye”.

Frans juga menyampaikan bahwa sudah hal yang lumrah di apabila di masa Kampanye pemilu ini Kepolisian aktif menanyakan adanya unsur muatan politik atau tidak.

“Hal yang sangat lumrah ketika Kepolisian menanyakan apakah kegiatan di ranah publik ini ada sangkut pautnya dengan politik, karena saat ini kan sedang masa kampanye”, terangnya.

“Terlebih lagi, jika kegiatan tersebut ternyata memuat bahan kampanye atau politik praktis, berarti harus menjalankan aturan dengan teliti serta disampaikan ke penyelenggara pemilu,” imbuhnya.

Baca Juga: Korwil III PP GMKI: Tuduhan Polri Tidak Netral Pemilu 2024 Oknum Hanya Ingin Buat Gaduh

Frans juga menyampaikan bahwa narasi intimidasi terlalu berlebihan, bisa menjurus ke hoax dan membuat pertentangan di masyarakat.

“Adanya narasi-narasi seperti ini yang membuat persepsi publik skeptis dengan pemilu nantinya”.

Frans juga menyampaikan bahwa Kepolisian sudah menjalankan tugas dan tupoksinya serta dipastikan netral dalam perhelatan politik Tahun 2024 ini.

“Sudah menjadi perintah Undang-undang bahwa Kepolisian RI harus netral, sehingga tidak betul narasi intimidasi ini, yang ada hanyalah Polisi yang menjalankan tugasnya.

(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang IklanCalon Bupati Luwu 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *