Hasil Riset: 4 Manfaat Tidur Miring ke Kanan Sesuai Sunnah Rasul

4 Manfaat Tidur Miring ke Kanan Sesuai Sunnah Rasul
4 Manfaat Tidur Miring ke Kanan Sesuai Sunnah Rasul

SUARAPANTAU.COM – Hasil riset penelitian mengungkap manfaat tidur dengan posisi tidur miring ke kanan sesuai dengan sunna Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia utama yang harus dipenuhi bagi manusia. Tidur sendiri masuk dalam kebutuhan dasa manusia dalam Hierarki Maslow tentang kebutuhan fisiologis.

Kebutuhan fisiologis adalah dimana kebutuhan manusia tersebut harus terpenuhi, apabila tidak terpenuhi maka akan mengganggu sistem tubuh manusia bahkan bisa kehilangan nyawa seseorang.

Contoh dari kebutuhan fisiologis seperti : makan, minum, tidur, bernafas dan lain lain. Didalam kesehatan tidur yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia. Selain durasi yang cukup, posisi tidur yang cukup juga sangat penting bagi kesehatan organ dalam manusia.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Hasil Riset Rebusan Daun Salam Efektif Menurunkan Tekanan Darah Hipertensi

Posisi Tidur dalam penelitian ternyata sangat menentukan kesehatan bagi manusia, tapi pada kenyataannya berdasarkan survey penelitian banyak masyarakat yang tidak mengetahui posisi tidur yang baik.

Banyak masyarakat umum yang menganggap bahwa posisi tidur itu bukanlah hal yang penting bagi kesehatan, pada umumnya menganggap bahwa tidur yang baik adalah tidur yang nyenyak. Tetapi kenyataannya hal itu sangatlah salah.

Posisi tidur dalam berbagai sumber penelitian ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang perlu kita ketahui. Banyak sekali posisi tidur yang ternyata sangat buruk bagi kesehatan salah satunya adalah posisi tidur tengkurap.

Baca Juga: Hasil Riset: Kesehetan Mental Remaja Indonesa Memiliki Masalah, Simak Penjelasannya!

Posisi tengkurap menurut penelitian Profesor Rudolfo salah satu ilmuwan dari USA yang menyatakan bahwa posisi tengkurap bisa membuat tidur menjadi “ngorok” karena sumbatan jalan nafas, membuat lengkungan alami tulang belakang berubah, Sakit pinggang, nyeri pada leher dan gangguan bagi jantung.

Kemudian posisi tidur tengkurap juga bisa memperburuk bagi pasien yang memiliki masalah penyakit jantung koroner.

Selanjutnya posisi apakah yang baik untuk tidur? Ternyata posisi yang baik untuk tidur adalah posisi miring ke kanan.

Dimana posisi tidur miring ke kanan merupakan Sunah Rasulullah SAW yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut the Journal Of American College Of Cardiologi manfaat posisi tidur miring ke kanan antara lain:

  1. mengurangi beban kinerja jantung karena jantung tidak tertekan,
  2. melonggarkan pernafasan,
  3. mencegah serangan jantung berulang dan
  4. mengurangi resiko kegagalan jantung pada pasien mempunyai penyakit jantung koroner.

Menurut pendapat Dosen Spesialis Medikal Bedah, Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa melakukan implementasi posisi tidur miring ke kanan akan memiliki “Double Benefit”.

Baca Juga: Kesehatan Mental Dalam Islam dan Cara Mengobatinya

Pertama, akan meningkatkan kesehatan tubuh bagi manusia serta mencegah keluhan penyakit bagi yang memiliki masalah tidur seperti nyeri leher.

Selain meningkatkan kesehatan juga kita akan mendapatkan pahala karena menjalankan Sunah Rasulullah SAW. Seperti dalam Hadist Riwayat Hadist Bukhari dan Muslim :

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR Al-Bukhari No 247 dan Muslim No 2710).

“Posisi tidur miring ke kanan sudah dijelaskan didalam Hadist Rasulullah SAW dimana setiap apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan didalam ajaran islam semua mengandung kebaikan untuk manusia, salah satunya adalah posisi tidur miring ke kanan,” terangnya.

“Manfaat yang penting yang juga harus diketahui bagi penderita jantung koroner, bahwa posisi ini sangat baik untuk mencegah kekambuhan serangan jantung bagi penderita jantung koroner ketika tidur dimalam hari”, Ucap Prima Trisna Aji.

Baca Juga: Terapi Medical Hacking Lepas Ketergantungan Obat Kimiawi

Secara patofisiologi mekanisme ketika kita tidur dengan posisi miring ke kanan maka pada darah akan mengalir lebih merata dan terkonsentrasi pada tubuh bagian kanan.

Sehingga pada denyut jantung akan lebih lambat dan tekanan darah akan menurun karena aliran darah yang masuk dan yang keluar dari jantung akan melambat.

Posisi tidur miring ke kanan ini juga sangat bagus bagi Penderita Tekanan darah tinggi atau hipertensi, selain itu posisi miring ke kanan ini juga bagus untuk penderita yang memiliki masalah sesak nafas.

(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *