Tak Dapat Ruang dari Pemerintah, Penyandang Disabilitas Ini Curhat ke Sandi

Bugiswarta.com, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mendatangi acara Job Fair di Mall Metro Cipulir, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018). Di sini Sandi berdiskusi perihal bisnis.

Sandi tiba di lokasi sekira pukul 11.30 WIB, setelah safari politik di Palembang. Dalam diskusi ini, Sandi memberi masukan-masukan perihal pekerjaan dan bisnis. Ia pun juga berdialog langsung kepada masyarakat dengan cara tanya jawab soal pekerjaan dan bisnis.

Salah satunya berdialog dengan Laode Kosim, seorang penyandang disabilitas. Laode bertanya kepada Sandi, mengapa masyarakat disabilitas sulit untuk mencari kerja, padahal gelar pendidikan mereka cukup bagus.

Laode pun mempertanyakan soal eksistensi Undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Yang dimana Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD wajib mempekerjakan penyandang disabilitas 2 persen dari total pegaria. Selain itu, swasta wajib mempekerjakan penyandang disabilitas 1 persen dari total pegaria.

“Ada aturan saya pernah baca 1 persen itu dalam perusahaan itu minimal satu orang disabilitas di situ,” katanya di lokasi.

Sandi mengaku kagum atas semangat Laode. Menurut Sandi, penyandang disabilitas itu tidak memiliki kekurangan, justru kelebihan. Sandi menyayangkan langkah pemerintah yang belum terlalu fokua soal pekerjaan para penyandang disabilitas.

“Karena pendidikannya sudah dapat seharusnya udah ada jaminan mendapat pekeejaan karena undang-undang menjamim 1 persen perusahaan untuk disabilitas,” katanya.

Sandi juga meminta kepada DPR agar memperjuangkan hak pekerjaan untuk para penyandang disabilitas.

“DPR seharusnya perjuangkan, hadirkan peraturan pemerintahannya untuk memastikan. Undang-undang ada, tapi peraturan pemerintahnya tidak ada,” katanya.

“Kita harus hadir, kesetaraan itu harus dirasakan ke seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Sandi punya kebiasaan baru untuk memberikan penghargaan atau apresiasi kepada peserta diskusi atau sosialisasi yang punya pertanyaan mengunggah dan memberikan makna serta inspirasi. “Saya akan berikan Most Valuable Participant di acara ini kepada La Ode Kosim,” kata Sandi

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait