Muncul Nama Sandiaga Uno dan Komjen Pol Syafruddin Berpeluang Pimpin PPP

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno - SUARAPANTAU.COM/INT

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Dinamika politik DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih memanas buntut pencopotan Suharso Monoarfa dari jabatan Ketua Umum.

Pencopotan Suharso Monoarfa diambil dalam keputusan Mukernas PPP beberapa hari lalu.

Ditengah situasi PPP yang memanas, muncul isu Sandiaga Uno dan Komjen Pol Syafruddin yang disebut berpeluang jadi Ketua Umum PPP.

Hal ini, lantaran keduanya dianggap memiliki jejaring politik dan popularitas yang mampu mendongkrak kekuatan elektoral PPP.

Pakar Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto turut berkomentar mengenai peluang Syafruddin dan Sandiaga ini.

Kata Ali, Sandiaga lebih berpeluang memimpin PPP, sebab mekiliki jaringan politik yang baik.

“Saya rasa lebih berpeluang Sandiaga, mulai dari kesiapan jaringan politik, hingga modal kapital,” ungkapnya dalam keterangan pers yang dikutip Suarapantau.com, Kamis 8 September 2022.

Hanya saja, lanjut Ali, Komjen Syafruddin sama dengan Suharso yang berpusat dengan kekuatan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

“Selain itu jaringan Kommjen Syafruddin sama dengan Suharso Monoarfa yang berpusat pada Jusuf Kalla, sehingga akan sulit bagi Syafruddin untuk mengalahkan jaringan Sandiaga yang notabene dikelilingi oleh jaringan yang sedang berkuasa saat ini, ditambah kekuatan jaringan pemodal yang juga berada di belakannya,” jelasnya.

Kader PPP Dorong Sandiaga Uno Jadi Capres

Sebelumnya beredar nama Sandiaga Uno didorong oleh sejumlah kader PPP untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

Gelombang dukungan kader PPP terhadap Sandiaga Uno maju capres dari kader di Aceh dan Sulawesi.

Sementara di Lampung, salah tokoh PPP, Azazie menyampaikan dukungannya terhadap Sandiaga.

Sandiaga Uno sebelumnya diundang jamuan makan siang oleh pengurus DPW PPP Lampung di Begadang Resto, Jalan Diponegoro Nomor 1, Kupang Kota, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Sabtu (27/8/2022).

Dukungan terhadap Sandiaga Uno terus mengalir, baru-baru ini, kader PPP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga mengutarakan dukungannya, 30 Agustus 2022.

Sandiaga Uno menggelar pertemuan dengan pimpinan dan tokoh PPP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam kesempatan tersebut.

Dalam pertemuan di kawasan Banguntapan, Kabupaten Bantul ini dihadiri oleh Ketua PPP DIY Muhammad Yazid, Wakil Ketua Farchan Hariem dan sejumlah pengurus lainnya.

Dalam pertemuan ini, Yazid mengatakan sosok Sandiaga Uno merupakan sosok yang ideal untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Sosok Sandiaga dinilai memenuhi kriteria-kriteria sosok calon Presiden (Capres) untuk bertarung pada Pilpres 2024.

“Kami belum sampai dukung mendukung namun sosok Mas Sandi ini sosok ideal (untuk maju di pilpres). Mas Sandi sosok yang smart kaitan ekenomi dan sosok saleh,” ucap Yazid.

“Mas Sandi tokoh expert di bidang ekonomi. 2024 masih dinamis, beliau salah satu layak masuk bursa. Bangsa Indonesia butuh orang seperti beliau,” imbuh Yazid.

(red)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait