Mutsyuhito Solin: Tiga Cara Memahami Rapor Pendidikan yang Baru Diluncurkan Kemendikbudristek

Wakil Bupati Phakpak Barat, Mutsyuhito SoliN. SUARAPANTAU.COM

SUARAPANTAU.COM – Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr. H. Mutsyuhito Solin, M.Pd mengatakan Hari Guru Nasional (HGN) setiap 25 November, merupakan kesempatan untuk merefleksikan kemajuan pendidikan.

Mulai tahun ini, pemerintah daerah (pemda), kepala sekolah (kepsek), dan guru bisa menggunakan rapor pendidikan sebagai alat refleksi.

“Rapor pendidikan yang diumumkan Kemendikbudristek itu dapat digunakan dipakai untuk melihat kekuatan dan kelemahan pendidikan di daerah, sekaligus mencari solusi yang sesuai kebutuhan daerah,” terangnya saat dihubungi wartawan dalam rangka HGN 2022, Minggu 28 November 2022.

Baca juga: Tim Dosen dan Mahasiswa FKIP UNIBOS Bekali Guru Literasi Digital di Makassar

Bacaan Lainnya

Mutsyuhito mengatakan rapor pendidikan bukan alat untuk mengevaluasi kinerja pemda, kepsek, dan guru. Jika rapor pendidikan dipandang sebagai alat evaluasi, maka yang akan terjadi adalah aksi saling menyalahkan. Semua akan sibuk mencari pihak yang salah, yang harus bertanggung jawab, dan yang harus dihukum.

Cara pandang seperti ini sudah terbukti gagal meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Alasan itu pula yang membuat Kemendikburistek mendesain rapor pendidikan sebagai alat diagnostik. Tujuannya untuk membantu pemda, kepsek dan guru merumuskan arah perbaikan pendidikan.

Baca juga:  PPs UNJ Perkuat Literasi Digital Guru PPKN SMP DKI Jakarta

Kemendikbudristek tengah gencar menggerakkan roda transformasi pendidikan di Indonesia. Di bawah kepemimpinan Menteri Nadiem Makarim, transformasi pendidikan memiliki empat agenda prioritas yakni pendidikan berkualitas untuk semua, teknologi digital dalam pendidikan, solidaritas dan kemitraan, dan masa depan dunia kerja.

Keempat hal ini lah dapat dijadikan rujukan bagi kabupaten dan kota dalam mengembangkan pendidikan di daerah masing-masing. Rapor pendidikan diharapkan mampu membantu daerah untuk mencapai keempat prioritas pendidikan tersebut.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *