Jaga Kesehatan Jantung: Tips Mudah untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung

Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNAIR, Zaidaan Alfayyadh Pohan

Penyakit jantung menjadi penyakit yang berbahaya karena menyebabkan kematian di seluruh dunia. Berbagai faktor menyebabkan penyakit jantung, termasuk pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan faktor genetik.

Meskipun penyakit jantung sering dikaitkan dengan orang yang lebih tua, kenyataannya penyakit ini dapat terjadi pada orang muda dan bisa dicegah dengan melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup.

Salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Melakukan aktivitas fisik membantu meningkatkan kekuatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

Jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan antara lain berjalan, jogging, berenang, dan bersepeda.

Namun, sebelum melakukan aktivitas fisik, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis dan intensitas olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga sangat penting untuk mencegah penyakit jantung. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan biji-bijian dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebaliknya, menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh, garam, dan gula dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait