Tradisi Tedhak Siten 7 Bulanan Bayi Warga Kabupaten Batang Jawa Tengah

Tradisi Tedhak Siten 7 Bulanan Bayi Warga Kabupaten Batang Jawa Tengah

SUARAPANTAU.COM – Tradisi Tedhak Siten adalah upcara 7 bulanan bayi yang biasanya dilakukan oleh Wwrga Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Tradisi ini melibatkan keluarga besar dan komunitas setempat untuk merayakan dan memberikan berkah kepada bayi yang baru berusia 7 bulan.

Acara ini diadakan di rumah atau tempat yang luas. Persiapan acara dimulai jauh hari dengan memastikan segala sesuatu tersedia, mulai dari persiapan makanan,dekorasi, hingga persiapan pakaian tradisional.

Cara Pelaksanaan Tedhak Siten

Pada hari pelaksanaan Tedhak Siten, keluarga bayi yang berusia 7 bulan akan mengundang kerabat dan tetangga untuk hadir dalam acara tersebut. Tradisi dimulai dengan membawa bayi yang akan diselenggarakan Tedhak Siten ke tempat acara dengan diiringi oleh musik tradisional Jawa.

Bayi tersebut akan duduk di pangkuan seorang tetua adat atau pemuka agama yang akan memimpin prosesi.

Selanjutnya, pemuka agama atau tetua adat akan membacakan doa-doa dan mantra-mantra sebagai bentuk doa dan harapan agar bayi tersebut tumbuh sehat, pintar, dan menjadi anak yang baik.

Selama prosesi, keluarga dan tamu yang hadir akan memberikan berbagai macam hadiah kepada bayi, seperti uang, perhiasan, dan perlengkapan bayi lainnya. Selain itu, makanan khas Jawa juga menjadi bagian dari tradisi Tedhak Siten di Batang.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait