Tradisi Tedhak Siten 7 Bulanan Bayi Warga Kabupaten Batang Jawa Tengah

Tradisi Tedhak Siten 7 Bulanan Bayi Warga Kabupaten Batang Jawa Tengah

Selain dari Beberapa hidangan yang biasanya disajikan seperti nasi kuning, ayam goreng, sayur lodeh, tempe goreng, tahu goreng, dan berbagai macam kue tradisional terdapat makanan khas yang menjadi bagian tak terpisahakan pada acara ini yaitu Bubur 7.

Bubur 7 warna adalah salah satu hidangan khas yang sering disajikan dalam tradisi Tedhak Siten. Bubur ini memiliki makna simbolis dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perayaan tersebut.

Bubur 7 warna melambangkan keberagaman dan kekayaan budaya Jawa.Setiap warna dalam bubur mewakili unsur budaya dan tradisi yang berbeda.

Tiap warna dalam bubur memiliki simboliknya sendiri. Contohnya, warna hijau melambangkan kesuburan dan harapan, warna merah melambangkan keberanian dan semangat, dan warna kuning melambangkan keceriaan dan kebahagiaan.

Bacaan Lainnya

Makna Ritual Tedhak Siten

Keberadaan tujuh warna yang berbeda dalam bubur juga melambangkan tujuh tahap dalam perjalanan kehidupan seorang anak. Bubur 7 warna dalam tradisi Tedhak Siten di Batang memiliki nilai simbolis dan memperkaya makna acara tersebut.

Selain sebagai hidangan yang lezat, bubur ini juga menggambarkan keragaman budaya dan harapan yang diberikan kepada bayi yang merayakan Tedhak Siten.

Selama acara berlangsung, terdapat juga hiburan seperti pertunjukan seni tradisional, tarian, dan musik Jawa.

Hal ini menambah semarak dan kegembiraan dalam tradisi Tedhak Siten di Batang.Tradisi Tedhak Siten di Batang memiliki makna yang mendalam. Selain sebagai momen untuk merayakan pencapaian usia bayi, tradisi ini juga memiliki makna religius dan budaya yang kuat.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *