Swasta Akan Bangun Pengolah Sampah Modern di Jakarta, Tak Pakai Uang Negara Sepeserpun

Swasta Akan Bangun Pengolah Sampah Modern di Jakarta, Tak Pakai Uang Negara Sepeserpun
Swasta Akan Bangun Pengolah Sampah Modern di Jakarta, Tak Pakai Uang Negara Sepeserpun

SUARAPANTAU.COM – Pengolahan sampah yang ramah lingkungan di Jakarta telah memasuki babak baru, setelah berhasil membuat sampah menjadi refuse-derived fuel (RDF) untuk bahan bakar alternatif industri semen.

Kini, pihak swasta siap membangun fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang diinisiasi oleh PT. Daya Barus Nusantara (DBN) yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara.

“PSEL Tanjungan di Penjaringan sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, kajian teknis sudah lengkap. Secara finansial juga telah mendapatkan persetujuan dari calon pembiaya. Dengan segala kesiapan ini, PSEL Tanjungan dapat mulai dibangun pada tahun 2024 dan beroperasional tahun 2026,” ujar Lerry Setyawan, Project Manajer PT. Daya Barus Nusantara.

Baca Juga: FAHMI UMMI Konsolidasi Nasional di Hotel Sultan Jakarta Merajut Masa Depan Indonesia

Ia mengatakan bahwa PSEL Tanjungan akan dibangun di lahan milik sendiri PT DBN seluas 8 hektar berada di zona industri.

Selain itu, PSEL Tanjungan juga direncanakan akan memiliki akses keluar tol khusus truk sampah yang langsung masuk ke dalam area lahan PSEL Tanjungan.

Baca Juga: FPPJ Dukung Heru Budi Hentikan Proyek Pengelolaan Sampah Intermediate Treatment Facility

“PSEL Tanjungan didesain dapat mengolah sampah hingga 3000 ton sampah per-hari atau sekitar 40% sampah Jakarta, menggunakan teknologi moving grate incinerator yang sudah terbukti dapat mengolah sampah sejenis karakteristik sampah Indonesia,” kata Lerry.

Ia juga menyebut, sumber sampah yang akan diolah PSEL Tanjungan berasal dari kawasan permukiman, kawasan komersil, dan kawasan industri berdasarkan kerja sama secara business to business (B2B).

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait