Etos Indonesia Institute Rilis Hasil Survei, Kinerja Kapolres Parepare Dinilai Publik

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Etos Indonesia Institute menggelar acara pengumuman hasil survei pendapat dan harapan publik terkait kinerja Polres Parepare, Sulawesi Selatan. Upacara ini berlangsung di Upnormal Cikini, Jakarta Pusat, pada Senin, 15 Januari 2024.

Survei, yang berlangsung mulai 20 Desember 2023 hingga 5 Januari 2024, melibatkan 2.000 responden di Kota Parepare. Dengan margin error sekitar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan publik sebesar 90%, survei ini menjadi sorotan dalam menggali pendapat dan harapan masyarakat terhadap kinerja Polres Parepare.

Hasil survei mencatat tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Polres Parepare sebesar 72%. Meski demikian, terdapat isu serius terkait malpraktik dalam proses penyidikan yang mencapai 21%. Sebanyak 77% responden percaya bahwa kepemimpinan di Polres Parepare dapat meningkatkan kinerja kepolisian.

Harapan masyarakat terbesar adalah meminimalisir tindak malpraktik dalam proses penyidikan (28%) dan memberantas kekerasan serta pemerasan (21%). Bidang kehumasan mendapat apresiasi tertinggi dengan 31%, diikuti kinerja propam sebesar 28%.

Survei juga menyoroti pentingnya penyediaan sumber berita kinerja yang baik (27%) dan respons cepat terhadap pengaduan masyarakat terhadap pelanggaran anggota kepolisian (22%). Menariknya, pemberitaan media dianggap sebagai sumber informasi terbaik oleh 93% responden.

Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute, Iskandarsyah, menyatakan bahwa hasil survei ini akan menjadi landasan untuk terus mengevaluasi kinerja anggota kepolisian di wilayah kerja Polres Parepare. Ia menekankan pentingnya hasil survei sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian sesuai dengan harapan masyarakat.

“Masih adanya ketidakpuasan adalah hal yang wajar dan menjadi harapan untuk kualitas anggota kepolisian yang profesional di lingkungan kerja Polres Parepare,” ujar Iskandarsyah menutup rilisnya.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait