Mahasiswa UGM Riset Pengaruh Media Terhadap Isu-Isu Nasional

Mahasiswa UGM Riset Pengaruh Media Terhadap Isu-Isu Nasional
Mahasiswa UGM Riset Pengaruh Media Terhadap Isu-Isu Nasional

SUARA PANTAU – Mahasiswa Univesitas Gadjah Mada (UGM) meriset analisis sentimen terhadap pengaruh media berita daring berbanding lurus dengan respon warga Twitter atau X.

Setelah mencocokkan berita daring yang dihasilkan oleh media dengan angka konsumen paling tinggi, dengan respon masyarakat terhadap isu nasional paling populer.

Hasil analisis, dalam keterangan yang diterima Suara Pantau, ditemukan bahwa terdapat kesamaan sentimen diantara keduanya.

Baca Juga: Riset UGM: Gaya Komunikasi Partai Gerindra di Media Sosial X Disukai Warganet

Bacaan Lainnya

Demikian, hasil penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Hibah Riset Big Data Afan Gaffar Awards yang diselenggarakan oleh Departemen Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mahasiswa UGM Riset Pengaruh Media

Terdapat tiga mahasiswa yang tergabung dalam penelitian ini, Rahma Kintara dan Jasmine Hasna (mahasiswa Departemen Politik dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Politik/DPP, Fisipol), dan Muhammad Itqon Alexander (mahasiswa Teknik Fisika Fakultas Teknik).

“Media berita daring memiliki jaringan paling besar dalam hasil visualisasi analisis big data, artinya ada banyak yang me-retweet berita-berita dari media tersebut”, Jelas Alex.

Baca Juga: FTP UGM Gandeng DEKS BI Berdayakan Ekonomi Pesantren

“Sementara itu, ketika media paling populer disandingkan dengan isu paling populer di tahun yang sama, terdapat jaringan yang terkoneksi dengan hasil analisis sentimen yang sama, sentimen negatif.” Tambah Jasmine

Penelitian ini dilakukan dengan melakukan crawling data di platform Twitter atau X dengan periode waktu tertentu untuk bisa menjaring seluruh percakapan tentang isu yang dikehendaki peneliti.

Baca Juga: Kunker ke DIY, Menko Airlangga Serahkan Dua Unit Bus Listrik Untuk UGM

Kintara menjelaskan alasan ketertarikan tim dalam membahas topik penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang adanya disinformasi dan manipulasi.

Sehingga dapat lebih kritis dalam menerima informasi, juga mendorong media berita daring untuk menjunjung tinggi etika jurnalisme terlebih semakin meningkatnya konsumsi media daring di Indonesia.

(Ran)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *