Manfaatkan Lahan Kosong Sekolah, Mahasiswa PPG Prajabatan UNM Buat Greenhouse

Greenhouse SDN 2 Bawakaraeng, Kamis (30/5).

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bawakaraeng 2 bersama mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan renovasi terhadap greenhouse yang ada di sekolah.

Sebelumnya, greenhouse yang diinisiasi oleh sekolah hanya berukuran 2×1,2 meter. Kini greenhouse tersebut diperbesar menjadi 4×1,5 meter agar lebih banyak tanaman yang bisa dimasukkan.

“Salah satu pertimbangan diperbesarnya greenhouse ini karena ukurannya sangat kecil. Jadi, sangat terbatas tanaman yang bisa dimasukkan,” kata Muhammad Abdillah, mahasiswa PPG Prajabatan UNM.

Menurutnya, renovasi ini juga telah melalui diskusi yang intens bersama kepala sekolah dan guru-guru di SDN Bawakaraeng 2. “Sekolah punya program adiwiyata dan greenhouse salah satu programnya, kami juga sudah diskusi dengan Kepala Sekolah,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa salah satu bentuk pelibatan siswa dalam greenhouse ini adalah dibuatkan jadwal yang bertanggungjawab untuk merawat tanaman. “Siswa dilibatkan dalam perawatan tanaman, kami sudah buatkan jadwalnya,” ungkapnya.

Sementara itu, dosen pengampu mata kuliah Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan UNM, Hartoto, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa proyek apapun yang dilaksanakan oleh mahasiswa harus melalui perencanaan yang matang.

“Jadi ini bagian dari mata kuliah sebenarnya, tapi pelaksanaannya tidak serta merta langsung dilakukan. Harus ada perencanaan seperti observasi, identifikasi masalah, hingga tahap pelaksanaan dan pelaporannya,” jelas Hartoto.

Oleh karena itu, kata dia, tiap kelompok mahasiswa biasanya memiliki kegiatan yang berbeda-beda. “Alasannya karena itu tadi, ketika mahasiswa lakukan observasi maka tentu tiap sekolah punya permasalahan yang berbeda,” ungkapnya. (rls/*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang IklanCalon Bupati Luwu 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *