Pendidikan

Profil Abdul Rivai Ras, Karir Militer Hingga Jadi Pendiri Universitas Pertahanan

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Abrul Rivai Ras merupakan salah seorang Kolonel Laut/Perwira TNI Angkatan Laut yang tidak hanya aktif di dunia kemiliteran melainkan juga dikenal sebagai akademisi dan pengusaha.

Tidak jarang menemui sosok sepertinya, pria kelahiran Bone pada 24 September 1967 tersebut juga merupakan salah satu pendiri Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan).

Dirinya dikenal sebagai Kepala Program Studi Keamanan Maritim dan Dosen tetap di Universitas Pertahanan. Selain itu, Bro Rivai sapaan akrabnya juga menjadi dosen tidak tetap pada Pascasarjana Kajian Strategik Ketahanan Nasional di Universitas Indonesia Universitas sejak tahun 2013.

Jenjang pendidikan kampus awalnya ditempuh di Universitas Hasanuddin pada Tahun 1992. Setelah Itu, Jenjang pascasarjana ditempuh di 3 Jurusan yang berbeda yakni di Universitas Veteran pada Tahun 2000, Magister Kajian Strategik Ketahanan Nasional dan Jurusan Ilmu Politik, Hubungan Internasional masing masing ditempuh di Universitas Indonesia pada tahun 2001 dan 2003.

Tidak sampai disitu, Abdul Rivai juga menyelesaikan program Doktoral di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Politik pada Tahun 2010.

Dirinya juga beberapa kali mengikuti kegiatan pendidikan di Luar Negeri diantaranya Amerika dan German.

Abdul Rivai juga sempat dipercaya sebagai Subdit Bilateral, Ka. Amerika dan Pasifik Direktorat Kerjasama Internasional, Ditjen Strahan Kemhan 2011-2013. Staf Khusus Sekretaris Militer Presiden, Sekmilpres dan Kasbag. Pengamanan Khusus Sekmilpres, Sekneg RI 2008-2011.(*)

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Suara Pantau
%d blogger menyukai ini: