Mengenal Sekolah Islam Berstandar Internasional, Insan Cendekia Madani – Boarding School Development

  • Whatsapp
Proses Belajar Mengajar di Sekolah ICM

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Sekolah Insan Cendekia Madani yang berlokasi di Jln Raya Ciater, TangSel ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari Kelompok Bermain hingga SMA. Sekolah ini berstatus SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama) dengan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 2011 ini kini menjadi Islamic Boarding School Terbaik karena  menerapkan kurikulum Cambridge yaitu kurikulum berstandar internasional dan telah mendapat pengakuan dunia sebagai kurikulum terbaik. Sekolah ini juga memiliki visi menciptakan pemimpin yang berkarakter Islami dengan mengembangkan keunikan siswa.

Kurikulum Cambridge yang diimplementasikan di ICM, telah membuktikan dapat menunjang keberhasilan individu dalam meraih prestasi juga sukses dalam Studi lanjut di sekolah maupun Universitas terbaik di dalam dan luar Negeri maupun dalam pencarian pekerjaan.

“Selain kemampuan akademik, kami juga membina sisi spiritual para peserta didik, memperhatikan minat dan bakatnya serta melatih kemampuan mereka untuk menjadi pemimpin berkarakter Islami (Aqidah yg lurus, Akhlak Mulia dan Ibadah yg Benar)”, ujar Alimar Halide selaku Ketua Yayasan Edukasi Sejahtera yang menaungi Sekolah ICM.

Alimar Halide, Ketua Yayasan Edukasi Sejahtera yang menaungi Sekolah ICM

Selain itu, ICM juga mengajarkan bahasa Arab dengan tujuan memudahkan para peserta didik dalam membaca, memahami, menghapal dan mengimplementasi isi Al-Quran sebagai pedoman hidup (ICM bekerja sama dengan lembaga Wafa, YKTN dan Ewan Institute – Jordan).

Dengan sistem Boarding School, seluruh peserta didik dibiasakan untuk melaksanakan ibadah wajib dan sunah seperti sholat tahajjud, puasa Senin Kamis, sholat Dhuha, membaca dan menghapal Al-Quran.

ICM juga memiliki Program Overseas untuk siswa SMP dan SMA (bertujuan mengasah jiwa Leadership), dimana peserta didik dapat berpartisipasi dalam program belajar di luar Negeri seperti Inggris dan Amerika. Perjalanan tanpa melibatkan orang tua ini merupakan pengalaman berharga dalam hal kemandirian, mengenal perbedaan kepercayaan, kebudayaan dan juga kebiasaan unik dari Bangsa lain.

Latar belakang pendidikan tenaga pendidik di ICM adalah Sarjana S1, S2 dan S3 dari Universitas terbaik di dalam dan luar negeri seperti Jerman, Mesir, Libya, UI, ITB, IPB, UPI, dll, yang sebagian besar telah memiliki sertifikat Cambridge dan Microsoft.

Tenaga pendidik ICM selalu menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan dalam mengajar. Seperti sabda Rasulullah SAW, yaitu : “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka dan bukan di zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian,”

Dengan alasan inilah ICM juga menggunakan tekhnologi terkini dari Microsoft untuk menciptakan ruang kelas yang inklusif dan berorientasi penuh pada siswa serta memiliki peluang belajar yang besar bagi seluruh peserta didik.

Sekolah ICM memiliki luas kurang lebih 10 Hektar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang peserta didik, seperti laboratorium, perpustakaan, ruang makan, lapangan olah raga indoor maupun outdoor, kolam renang untuk siswa Ikhwan dan Akhwat, penangkaran rusa, Green House, kolam ikan, budidaya tanaman serta fasilitas lainnya yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan minat dan bakatnya.

SMP ICM dinobatkan sebagai Sekolah berwawasan Lingkungan Adiwiyata tingkat Provinsi Banten pada tahun 2019 sementara SMA ICM berhasil mengantongi Predikat Adiwiyata tingkat Nasional pada tahun 2019 lalu. Sekolah ICM juga beberapa kali mendapatkan Penghargaan Arsitektur baik dari dalam negeri maupun luar Negeri dikarenakan memiliki gaya arsitektur yang unik yaitu gedung sekolah yang terletak diantara pepohonan rindang.

Di sekolah ini selalu ditemukan unsur wisata edukatif pada setiap sudut sekolah, hal ini menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk menimba ilmu. Kondisi sekolah yang nyaman dan menyenangkan akan memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar seluruh civitas ICM.

Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Sekolah ICM, silakan kunjungi website sekolah, yaitu: www.icm.sch.id dan klik link admission.icm.sch.id untuk langsung mendaftarkan Putra Putri anda dan menjadi bagian dari Keluarga Besar ICM.(*/Ismail)

Facebook Comments
  • Whatsapp