PMI Fokus Tangani Covid-19, Adnan Siapkan Asuransi Bagi Relawan

  • Whatsapp
Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan YL menginstruksikan kepada pengurus PMI kabupaten kota untuk tetap fokus dalam penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan Adnan dalam musyawarah kerja (Musker) PMI Sulsel yang dihadiri pengurus PMI kabupaten kota. Musker tersebut digelar secara virtual dan dipusatkan di Markas PMI Sulsel, Jalan Lanto Dg Pasewang, Makassar, Rabu (24/2/2021).

Bacaan Lainnya

Adnan menyampaikan, Musker kali ini membahas rencana program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2021, dengan tetap fokus penanganan Covid-19 dan mempersiapkan relawan dalam siaga bencana.

“Kita tetap fokus pada penanganan Covid-19 karena tugas PMI di SK gugus tugas adalah bidang sterilisasi sehingga kita tetap melakukan penyemprotan disinfektan dan kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak),” ujarnya.

Bupati Gowa itu juga meminta saran di setiap pengurus PMI kabupaten kota se-Sulawesi Selatan, agar rencana program tahun ini bisa bermanfaat bagi semua masyarakat dan pengurus PMI di Sulsel.

“Yang terpenting di tahun 2021 ini kita akan melaksanakan asuransi bagi relawan, jadi kita akan kerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan sehingga relawan kita yang bertugas dalam penanganan covid dan bencana telah dijamin oleh asuransi,” beber Adnan.

Selain itu, Adnan juga memastikan pengurus PMI di kabupaten kota yang belum rampung akan dilaksanakan pelantikan tahun ini. “Mungkin tahun ini kita akan lakukan pelantikan ada sekitar 7 sampai 8 PMI kabupaten kota yang belum dilantik,” kata dia.

Dalam penanganan bencana juga, kata Adnan, pihaknya telah menyiapkan sertifikasi pelatih untuk relawan PMI, agar nantinya para relawan di lapangan bisa bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Relawannya tetap, yang pertama salah satu program kita laksanakan tahun ini adalah sertifikasi pelatih. Nah pelatih ini yang akan melatih relawan-relawan kita nantinya,” pungkas Adnan. (*)

Facebook Comments

Pos terkait