Timnas Indonesia Terancam Tidak Bisa Ikut Piala Dunia Futsal 2021

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Tim futsal Indonesia hampir dipastikan gagal mengikuti piala dunia 2021 di Lhituania.

Pasalnya, Assosiasi Futsal Club (AFC) sebagai syarat kualifikasi menuju piala dunia yang seharusnya diselenggarakan 23 Maret – 3 April di Kuwait resmi dibatalkan karena situasi covid – 19.

Pihak AFC melalui rapat dengan perwakilan negara anggota dan FIFA telah mengambil dua opsional memilih lima negara asia untuk perwakilan ke Piala Dunia 2021.

Pertama, berdasarkan performa pada gelaran AFC edisi terakhir yaitu 2018. Selanjutnya, pilihan kedua. yakni mengakumulasi performa di tiga edisi AFC futsal yakni 2014, 2016, dan 2018.

Sebagaimana diketahui negara yang memenuhi persyaratan itu adalah Iran, Jepang, Uzbekistan dan Thailand.

Sementara satu slot harus menghitung performa Australia, Kuwait, Vietnam dan Irak.

Berdasarkan syarat tersebut, hampir dipastikan Tim Futsal Indonesia gagal lolos ke piala dunia 2021.

Mengingat edisi tahun 2014 squad garuda gagal di fase grup. Tahun 2016 Indonesia tak berpartisipasi karena PSSI masih dihukum FIFA. Sementara 2018 gagal lolos kualifikasi zona Asean.

Menanggapi hal itu pelatih timnas futsal, Kensuke Takahashi mengirimkan pesan singkat yang ditujukan ke pemain dan staf Timnas Futsal Indonesia.

Isi pesan itu mengungkapkan rasa kekecewaan serta kesedihannya karena gagal mewujudkan mimpi untuk membuat sejarah dan lolos kepiala dunia untuk pertama kalinya sebagai pelatih Timnas futsal Indonesia.

“Sayang sekali kami tidak lagi memiliki kesempatan untuk menunjukkan pertumbuhan ini kepada semua orang di AFC. Sangat menyedihkan bahwa peluang para pemain yang mencoba untuk membuat sejarah menjadi hilang,” ungkapnya, dikutip dari bolalob.com (9/4/2021).

Editor: Silmi Akhsin

Facebook Comments