Siberkreasi dan Kemenkominfo Dorong Pemuda Gencarkan Semangat Cakap Digital

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM – Siberkreasi mengadakan diskusi online pada Zoom meeting dan disiarkan melalui live streaming di Channel YouTube dan Facebook Siberkreasi dengan topik ‘Siberkreasi Hangout Online-Bikin Viral! Indonesia #MakinCakapDigital’, pada Kamis (29/4/2021).

Diskusi online kali ini menghadirkan tiga narasumber dan dimoderatori oleh Annisa Virdianasari dan Aldo Kareem, keduanya adalah anggota Siberkreasi. Narasumber pertama, Devie Rahmawati seorang Tenaga Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa. Narasumber kedua, Dennis Adhiswara selaku Figur Publik. Narasumber ketiga, Selly Febrilia Mayora selaku Founder Aplikasi Lingkar Tangan.

Webinar dibuka dengan pembahasan singkat akan pentingnya meningkatkan literasi digital sebagai satu set kemampuan dasar untuk memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur-fitur teknologi, terutama di era revolusi industri 4.0 saat ini yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari.

Pembahasan dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber tentang alasan mengapa generasi muda Indonesia harus cakap literasi digital dan cara-cara tepat menerapkan etika digital guna mewujudkan ekosistem internet yang sehat.

Pemaparan pertama oleh Devie Rahmawati yang membahas tentang bukti-bukti nyata dari dampak kurangnya kecakapan digital yang tidak hanya membahayakan mental dan meningkatkan risiko kegagalan calon pekerja, tapi juga nyawa orang-orang tidak bersalah.

Devie menjelaskan bahwa etika digital sangat penting dalam menggunakan platform yang ada, dikarenakan etika tersebut sebagai bentuk manajemen emosi masing-masing pengguna untuk menjaga perasaan, perilaku di hadapan orang lain sebagaimana tidak ingin orang lain melakukan sesuatu yang tidak ingin dirasakan dan diterima.

Ilmu etika digital perlu diajarkan kepada seluruh pengguna internet di seluruh penjuru dunia agar tidak menimbulkan data yang merugikan dan mempermalukan negara. Di Indonesia, terdapat 3 faktor penurunan nilai kesopanan yaitu Hoax & Penipuan, Ujaran Kebencian dan Diskriminasi yang perlu secara kolektif untuk dihindari agar terciptanya budaya digital yang sehat.

Melihat ini, Pemerintah telah mengambil langkah tepat dan efektif dengan mengeluarkan Modul Literasi Digital yang terdiri dari Cakap Bermedia Digital, Budaya Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital dan Aman Bermedia Digital sebagai solusi meningkatkan kesadaran keamanan siber dan etika dalam berdigital untuk terciptanya ruang siber yang aman dan nyaman di Indonesia.

Pemaparan kedua datang dari Dennis Adhiswara sebagai Figur Publik yang membagikan sudut pandang tentang kecakapan digital masyarakat Indonesia dan dari segi keamanan digital dengan membahas ‘Cancel Culture’ yang sedang marak terjadi dan dampak dari kultur modern di dunia digital tersebut.

Dennis menekankan bahwa meningkatkan pemahaman akan adanya jejak digital jadi kunci sukses penerapan prinsip keberhati-hatian dalam menyampaikan sesuatu, yang sekaligus menjadi tugas bersama untuk saling menyadarkan dan mengedukasi satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat. Modul yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dapat dijadikan pegangan untuk menjaga keamanan digital dan mewujudkan kesuksesan kecakapan digital.

Pemaparan ketiga oleh Selly Febrilia Mayora yang menceritakan tentang kehebatan kalangan anak muda Batam yang sudah melakukan aksi, tidak hanya mahir memanfaatkan teknologi yang ada melalui karya-karya digital yang menginspirasi.

Selly juga percaya bahwa kekuatan sosial media dititikberatkan pada para pengguna selaku pelaku utama yang dapat menginspirasi orang lain dengan secara pasti memahami etika dan cakap digital.

Menurutnya, semangat mewujudkan ekosistem internet yang aman dan nyaman adalah dengan berani jadi cerdas, kreatif dan produktif dalam memanfaatkan teknologi.

Pada akhirnya, ketiga narasumber setuju bahwa cara yang paling tepat untuk mewujudkan Indonesia #MakinCakapDigital adalah dengan memahami etika digital dan mempraktekkan setiap langkah tepat dan memegang teguh pendirian untuk selalu menghormati satu sama lain di dunia digital.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara.

Webinar selengkapnya dapat disimak di YouTube Siberkreasi pada tautan https://youtu.be/7ATL9uwvWwY

Informasi mengenai kegiatan webinar edukatif seputar generasi digital Siberkreasi berikutnya dapat dipantau di Instagram @siberkreasi.

Facebook Comments
  • Whatsapp