Hari Lahir Pancasila, Andi Suhada Sappaile Harap Warga Tumbuhkan Sikap Toleransi dan Gotong Royong

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Makassar, Andi Suhada Sappaile menyampaikan selamat Hari Lahir Pancasila tahun 2021 yang jatuh pada 1 Juni kepada seluruh warga Kota Makassar.

Menurutnya, Pancasila adalah lambang negara yang mesti harus hadir di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ia menilai hal ini begitu penting agar tetap terjaga kemurniaan makna dan nilai sehingga tercapai keseimbangan disegala aspek kehidupan.

Bacaan Lainnya

“Selamat Hari Lahir Pancasila, mari kita jadikan butir-butir di dalamnya sebagai dasar dalam bermasyarakat dikehidupan kita sehari-hari. Sebab dengan nilai-nilai dalam tiap butir Pancasila itu mengandung makna yang sangat baik untuk diterapkan dalam segala lini kehidupan,” kata Andi Suhada Sappaile.

Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini mengatakan bahwa pada pidato Bung Karno dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945 telah menjelaskan lima konsep dalam Pancasilan untuk dijadikan sebagai dasar negara Indonesia. Lima konsep itu antara lain kebangsaan, kemanusiaan, permusyawarakatan, kesejahteraan, dan ketuhanan.

“Pancasila ini adalah nilai luhur seluruh bangsa Indonesia, yang kemudian disatukan dalam satu konsep yang dikemukakan oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945. Karena itu, penting ini untuk dilaksanakan dalam kehidupan masyarakat, terutama warga Kota Makassar yang sangar beragam,” terangnya.

Ia menambahkan jika Pancasilan sudah di dalam sanubari tiap warga Kota Makassar maka tidak akan ada lagi saling curiga, tidak ada lagi saling memusuhi. Bahkan sebaliknya, kata dia, warga akan menumbuhkan sikap toleransi, gotong royong, dan saling menghargai satu dengam yang lain.

“Saya yakin dan percaya jika Pancasila ini sudah diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di Kota Makassar ini, maka segala sesuatunya akan mudah dilakukan. Tawuran tidak akan terjadi hingga kesenjangan sosial mudah diurai,” pungkasnya.

Facebook Comments

Pos terkait