Peran Strategis Forum TJSLBU Dalam Pandemi

  • Whatsapp
Andi Jamaro Dulung

Sektor perekonomian terpukul oleh pandemi covid-19, dalam menghadapi tantangan berat ini setiap elemen bangsa harus terlibat secara proaktif dalam usaha pemulihan serta yang tidak kalah penting menyelamatkan masyarakat yang terdampak pandemi. Dalam kondisi seperti ini isu kesejahteraan sosial menjadi sangat penting, agar kepedulian terhadap kesejahteraan sosial masyarakat terwujud dibutuhkan dorongan kuat dari pemerintah baik melalui kebijakan, program, kegiatan, maupun regulasi.

Salah satu langkah nyata pemerintah dalam upaya meningkatkan kepedulian kesejahteraan sosial masyarakat dapat terlihat dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Sosial Nomor 9 Tahun 2020. Regulasi ini mendorong Badan usaha tidak hanya mengejar keuntungan namun juga berperan aktif membantu pemerintah dalam penanganan kesejahteraan sosial masyarakat saat pandemi.

Point utama dalam Permensos Nomor 9 Tahun 2020 adalah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen Badan Usaha untuk berperan serta dalam pembangunan sosial berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik bagi Badan Usaha sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Dengan aturan ini penyelenggaraan kesejahteraan sosial diharapkan sebagai upaya terpadu, terarah, dan berkelanjutan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Badan Usaha (FTJSLBU) yang mewadahi badan usaha memiliki peran penting dan strategis saat kondisi pandemi covid-19, khususnya dalam membantu kesejahteraan sosial masyarakat sebagaimana termaktub dalam Permensos Nomor 9 Tahun 2020.

Sebagai pribadi, sejak muda saya sangat tertarik dan peduli dengan persoalan sosial kemasyarakatan khususnya isu kesejahteraan masyarakat. Berlatarbelakang warga Nahdliyin yang mayoritas masyarakat kelas menengah ke bawah mendorong saya untuk berperan aktif dalam memperjuangkan hak-hak kaum lemah (mustadh’afin).

Sejak masih kuliah saya aktif dalam organisasi kemahasiswaan intra dan ekstra kampus, selesai kuliah saya mengabdikan diri menjadi ketua PP pemuda Anshor serta ketua PB Nahdlotul Ulama, selain itu juga pernah dua periode menjadi Wakil Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Selain aktif berorganisasi saya juga mencicipi banyak profesi pekerjaan mulai dari dosen, staf ahli rektor, ketua Sekolah Tinggi Agama NU, Komisaris Utama dan Direktur Utama beberapa perusahaan, serta anggota DPR RI. Dari banyaknya profesi pekerjaan saya juga berkesempatan mendapatkan pengalaman study dan berkunjung di luar negeri seperti Human Rights short course at Oukland University, New Zeeland. Working visit PBNU at the Indonesian Embassy to the Republic of Iran, Tehran, Religion visit to Habib Umar, Tarim Hadramaut, Yemen. Working visit DPR RI, US Defense Center, Pentagon, Virginia Inter-Parliamentary Dialogue, Parliament House, Washington USA. Inaugurated the Management of the KKSS Foreign Representative, Perth, Australia. Working visit to PT Vale, Soa Paulo, Brazil. Working visit to the Indonesian Embassy, Santiago, Chile.

Menjalankann roda organisasi dan bekerja saya hayati sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara serta agama, dengan harapan apa yang dilakukan bisa memberi dampak dalam kesejahteraan sosial masyarakat khususnya masyarakat lemah mustadh’afin. Berangkat dari semangat ini juga saya meyakinkan diri untuk maju sebagai Calon Ketua Umum Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU).

Andi Jamaro Dulung (*Calon Ketua Umum Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Badan Usaha)

Facebook Comments
  • Whatsapp