Tak Segan, Haliana Minta Inspektorat Provinsi Audit Aset Pemda Wakatobi

  • Whatsapp
Bupati Wakatobi Haliana Saat diwawancarai Pasca Sertijab di Kantor DPRD Wakatobi, dan mengatakan harus ada Audit Aset dari inspektorat Provinsi. (foto:ipul). Suarapantau.com

SUARAPANTAU.COM, WAKATOBI – Bupati Wakatobi, Haliana tak segan menyampaikan didepan para wartawan Daerah agar Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan audit Aset Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi.

Hal itu dimaksudkan, agar ada keterbukaan di masa kepemimpinannya. Sebab, orang nomor satu di Wakatobi itu, menginginkan pemerintahan yang transparansi.

“Idealnya kan sebelum masa jabatan harus ada pemeriksaan aset, ini sesuatu yang wajar lah, kan Permendagri Nomor 19 memperjelas juga tentang itu,” ujar Bupati Wakatobi Haliana, Rabu, (7/7/2021).

Sehingga ia menyampaikan, untuk dilakukan Audit Aset Pemda Wakatobi oleh pihak Inspektorat.

Bahkan, yang dimaksudkannya adalah inspektorat Provinsi, agar nantinya lebih mengedepankan independensi.

“Harus ada Audit, karena memang kita tidak mengetahui seberapa banyak aset kita, kondisinya seperti apa, dimana keberadaanya, dan bentuknya seperti apa. Nak itulah kemudian yang mestinya diperjelas,” imbuhnya.

Kejelasan aset itu, dimaksudkan sebagai tanggungjawab dan transparansi publik, iapun menuturkan harus ada Audit dari pihak Inspektorat Provinsi.

Memang, pada apel perdana pasca dilantik sebagai Bupati, ia sudah menekankan agar ASN lingkup pemerintah Wakatobi lebih disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab.

Baru saja dikatakanya soal kedisiplinan Pegawai, Dokumen memori Indikator keberhasilan pemerintah sebelumnya, lansung dikoreksi oleh Haliana, pasalnya memori tersebut tidak memuat tentang informasi aset dan kondisi fiskal daerah.

Sebab menurut dia, kedua hal tersebut sangat penting untuk melihat sejauh mana perkembangan dan potensi yang dimiliki daerah.

Lantas jika Aset pemda diaudit oleh Inspektorat Provinsi, apakah akan ada kejutan lainya, ataukah akan berakhir pada prosesi hukum. Apalagi diketahui, dari hasil pemeriksaan BPK ditemukan adanya aset tanah Pemda yang tidak ditemukan keberadaanya.

Bisa jadi, yang dilakukan saat ini sebagai langkah awal Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi Halianan – Ilmiati Daud dalam mewujudkan perubahan menuju era masyarakat sejahtera.(Ipul)

Facebook Comments