Gelar Sosper, Kasrudi Minta Masyarakat dan Pemerintah Saling Bantu dalam Pembinaan Anak Jalanan

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Kasrudi, S.H., M.H menggelar sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Tahun Anggaran 2020/2021 Angkatan XII, di Hotel GrandTown Makassar, Jumat 20 Agustus 2021.

Legislator dari Fraksi Partai Gerindra ini mengundang konstituennya yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) 4, meliputi Kecamatan Panakkukang dan Manggala sebagai peserta yang disasar dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tersebut.

Terkait Perda Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Pengemis dan Pengamen di Kota Makassar, dalam sambutannya Kasrudi berharap adanya perhatian serius pemerintah untuk menangani masalah anak jalanan yang memenuhi jalan dan sudut-sudut kota.

“Beberapa kali kami minta kepada aparat pemerintah dalam hal ini satpol PP dan Dinas Sosial. Harusnya kita memberantas tapi sambil menyiapkan lapangan kerja sambil membina kepada anak-anak jalanan,” kata Kasrudi.

Anggota Komisi A DPRD Makassar ini berharap kepada masyarakat untuk membantu pemerintah paling tidak meminimalisir anak-anak jalanan dan pengemis yang sering ditemui di kota Makassar.

“Harapan saya dan pemerintah mari kita saling membantu, paling tidak meminimalisir anak jalanan di kota Makassar. Tidak mungkin kita sendiri menghilangkan anak jalanan di kota Makassar, tapi dibutuhkan keprihatinan oleh seluruh warga,” jelasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam Sosper tersebut, Puspito. Ia menjelaskan penyebab hadirnya anak jalanan yaitu karena masalah ekonomi, dampak dari peniadaan sekolah tatap muka, eksploitasi oknum dan kemurahan hati masyarakat.

“Peran masyarakat juga disini sangat penting, suksesnya Perda ini nanti jika kita semua saling membantu untuk membina anak-anak jalanan, pengamen dan pengemis. Bentuk keprihatinan yang harus ditunjukkan dengan penuhi kebutuhan mereka, paling tidak beri bantuan ke yayasan, bukan langsung kasih di jalanan,” terangnya.

Sementara, narasumber kedua, M. Rudi menyampaikan semua pihak harus memiliki kepedulian yang sama terkait masalah pengemis. Terutama anak jalanan yang kerap ditemukan di lampu-lampu merah perempatan jalan di Kota Makassar, untuk segera melaporkan jika ada orang tua yang membiarkan anaknya mengemis di jalan.

Facebook Comments
  • Whatsapp