Ketua HMI Komisariat Ekonomi Unsulbar Sayangkan Pelaksanaan RAK yang Langgar Konstitusi

SUARAPANTAU.COM, MAJENE – Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ekonomi Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) Cabang Majene menyayangkan tindakan beberapa oknum yang menggelar Rapat Anggota Komisariat (RAK).

Diketahui, RAK tersebut digelar pada 24 September 2021 lalu.

Kadri mengatakan bahwa RAK yg dijalankan oleh segelintir kader dan pengurus adalah oknum yang tidak bertanggung jawab tanpa diketahui oleh Ketua Umum yang mestinya menurut AD dan ART sebagai pelaksana RAK.

“Mengingat hal itu jelas telah melanggar Anggaran Dasar (AD) Bab 1 Bagian IV ‘Hak dan Kewajiban Anggota’, Pasal 6 tentang Kewajiban Anggota pada poin (3) dan poin (4),” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dirinya juga menyebutkan beberapa pasal lain yang harus dipatuhi yakni Pasal 6 (poin 3) ‘setiap anggota berkewajiban menjunjung tinggi etika, sopan santun dan moralitas dalam berperilaku dan menjalankan aktivitas organisasi.

Pasal 6 (poin 4) ‘ setiap anggota berkewajiban tunduk dan patuh kepada AD dan ART serta berpartisipasi dalam setiap kegiatan HMI yang sesuai AD dan ART.

Berikut Pernyataan Sikap dari Ketua Umum HMI Komisariat Ekonomi Unsulbar

– Menolak adanya pelaksanaan (Rapat Anggota Komisariat) Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Ekonomi Unsulbar Cabang Majene oleh segelintir kader dan pengurus pada tanggal 24 September 2021. Mengingat telah melanggar Anggaran Dasar (AD) Bab 2 Bagian VII tentang Personalia Pengurus Komisariat pada poin (8) sampai pada poin (15)

– Meminta kepada Pj. Ketua HMI Cabang Majene beserta pengurus cabang lainnya agar tidak menetapkan hasil-hasil Rapat Anggota Komisariat (RAK) ke-V Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ekonomi Unsulbar Cabang majene yang terlaksana tanpa sepengetahuan Ketua Umum yakni saudara Kadri dan mendesak pengurus Cabang untuk tidak menerbitka Surat Keputusan (SK) Kepengurusan karena terbukti berdasarkan AD dan ART telah melangar bahkan menginjak-injak Konstitusi HMI.

– Pada situasi ini kami mengharapkan Pengurus Cabang untuk objektif melihat polemik intern ini. Jangan sampai Komisariat sebagai Jantung Kaderisasi berhenti hanya untuk rencana Politis yang tidak produktif.

– Bersamaan pada situasi yang kacau ini, Saya selaku Ketua Umum menyerahkan Surat Penolakan RAK HMI Komisariat Ekonomi Unsulbar Cabang Majene beserta Surat Press Release sebagai bahan pertimbangan oleh Pj. Ketua Umum dan Pengurus HMI Cabang Majene agar bersikap bijak dan adil dalam mengambil keputusan.

(*/rls)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *