Pentingnya Revitalisasi dalam Dunia Pendidikan

  • Whatsapp
Hirsyam Haris

Penulis : Hirsyam H, Pengurus Bakornas LAPENMI PB HMI

PENDIDIKAN merupakan sentrum utama dalam mencetak generasi-generasi yang berkualitas dari segi “intelektualitas” dan juga “adab”. Pendidikan dikatakan berhasil bukan hanya diukur dari aspek pengetahuan semata, tetapi keberhasilan pendidikan juga harus bersandar terhadap adab.

Keduanya merupakan sesuatu yang saling berkaitan dan tidak terpisahkan, intelektualitas dan adab harus beriringan. Untuk itu, pentingnya revitalisasi pada dunia pendidikan.

Revitalisasi adalah sebuah metode untuk menghidupkan kembali nilai dalam dunia pendidikan, vitalitas inilah yang harus di kembalikan pada keberlangsungan pendidikan.

Sehingga progresivitas pendidikan itu bisa menghadirkan generasi yang cerdas, kaya akan nutrisi pengetahuan dan juga mampu menghargai nilai-nilai kultural dan juga budaya, juga nilai yang selama ini dijunjung oleh masyarakat Indonesia tetap bisa terawat dengan baik. Seperti yang di ungkapkan Jhon Dewey, “Pendidikan adalah proses transformasi budaya”.

Indonesia memiliki teritorial wilayah yang luas, kaya akan budaya serta nilai-nilai kultural yang masih melekat pada bumi Pertiwi. Indonesia dikenal sebagai negara yang berbudaya yang terdapat 1.340 suku didalamnya maka sudah menjadi hal yang wajib untuk terus dirawat oleh generasi muda.


Penghargaan terhadap norma harus tetap dijunjung tinggi, sebagai spirit dalam mewujudkan negara yang memiliki integritas, dan bermartabat.

Indonesia kaya akan perbedaan tetapi sama dalam tujuan seperti yang di katakan oleh Nurcholish Madjid, “berbicara Indonesia jangan membicarakan perbedaan tetapi berbicara Indonesia kita harus membicarakan kesamaan”.

Keunggulan dunia pendidikan harus menjadi pusat perhatian oleh seluruh kalangan pemerintah, serta seluruh elemen masyarakat. Mengangkat harkat dan martabat Indonesia melalui kualitas pendidikan.


Deviasi dalam dunia pendidikan harus terus dihindari, dan tetap fokus pada tujuan pendidikan yang mencerdaskan. Dunia pendidikan dikatakan unggul dan berhasil ketika terus menghasilkan generasi yang bermoral, arif, dan bijaksana, serta memiliki pengetahuan yang luas.

Pendidikan adalah kehidupan, untuk itu majunya suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan. Pembangunan kesadaran harus menjadi isu sentral dalam ruang-ruang pendidikan, sebagai penunjang dalam membentuk watak yang berakar pada nilai-nilai agama, dan kebudayaan.

(*)


Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait