Perayaan ASEAN Day Fadjroel Rachman Perkuat Soliditas ASEAN di Kazakhstan

Perayaan ASEAN Day di Kazakhstan, Minggu 28 Agustus 2022 - SUARAPANTAU.COM

SUARAPANTAU.COM, BURABAY – Nur-Sultan ASEAN Committee (NAC) mengadakan kegiatan ASEAN Day, di Kota Wisata Burabay, Minggu, 28 Agustus 2022.

Kegaiatan ini, berupa family gathering dengan mengundang seluruh Duta Besar, Working Group, serta keluarga besar NAC lainnya.

Aktivitas dalam kegiatan antara lain, permainan, musik, outdoor buffet dan free games.

Adapun Duta Besar yang hadir, antara lain HE. Dr. M Fadjroel Rachman, Duta Besar Republik Indonesia; HE. Chatchawan Sakornsin, Duta Besar Kerajaan Thailand, HE. M. Badli Adam, Kuasa Usaha/Charge d’Affairs ad interim (CDA) Kedutaan Malaysia dan penyelenggara acara HE. Madame Pham Thai Nhu Mai, Duta Besar Republik Sosialis Vietnam.

Bacaan Lainnya

Salah satu yang menarik dari acara ini adalah setiap negara menyumbangkan satu permainan tradisional.

Indonesia menggelar lomba “Bawa Kelereng”, Malaysia mengadakan lomba “Batu Seremban”, Thailand memainkan lomba “Toei”, dan Vietnam dengan permainan “Joget Kursi/finding chair”.

Acara semakin seru karena para Duta Besar yang hadir juga terlibat langsung dalam perlombaan yang dilaksanakan.

Selama lebih dari 55 tahun perjalanannya, ASEAN telah berkembang menjadi organisasi regional yang kuat yang memiliki kapasitas untuk mendorong arsitektur integrasi yang lebih luas dan berkontribusi dalam membentuk dan mencapai agenda global.

Dengan ASEAN Way, 10 Negara Anggota ASEAN telah bersama-sama mengatasi berbagai tantangan yang selalu berubah. Mereka tumbuh bersama, dan mereka tumbuh lebih kuat.

HE. Madame Pham Thai Nhu Mai, Duta Besar Republik Sosialis Vietnam sebagai tuan rumah menerangkan bahwa kegiatan ASEAN Day ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan antara negara-negara ASEAN yang ada di Kazakhstan.

Selanjutnya, HE. Chatchawan Sakornsin, Duta Besar Kerajaan Thailand menyampaikan dalam pidatonya bahwa Nur-Sultan ASEAN Committee (NAC) berencana membuka ASEAN Corner di Kazakhstan dengan kerjasama perpustakaan Universitas Nazarbayev agar memudahkan masyarakat Kazakhstan mengenal negara-negara ASEAN.

Kemudian HE. M. Badli Adam, Kuasa Usaha/Charge d’Affairs ad interim (CDA) Kedutaan Malaysia menyampaikan bahwa jaringan ASEAN di Kazakhstan sangat akrab.

Ada banyak kegiatan dan lomba yang sudah dilakukan sebelumnya untuk merawat kehangatan hubungan tersebut, antara lain Badminton, Boling, Touch Rugby, dan sebagainya. Dimanapun kita penetap, dimanapun bertugas kita selalu menemukan keakraban ASEAN

Dalam sambutannya, Dubes Fadjroel mengapresiasi lokasi kegiatan yang dipilih oleh penyelenggara yakni Kedutaan Besar Vietnam serta menyampaikan bahwa ASEAN sudah seperti “rumah” baginya.

“Berada di tempat yang begitu indah, menikmati udara segar di akhir musim panas, dan menghargai kebersamaan memberi saya perasaan yang begitu indah. Meskipun saya jauh ribuan mil dari negara saya, bersama kalian semua selalu membuat saya merasa lebih dekat dengan rumah. Memang, ASEAN adalah Satu Komunitas bukan sekadar jargon kosong; ini nyata”.

Di akhir sambutannya, Dubes Fadjroel mengucapkan selamat atas perayaan Hari ASEAN.

“Selamat Hari ASEAN untuk kita semua. Mari kita melakukan bagian kita dan bekerja sama untuk Komunitas ASEAN yang lebih kuat dan lebih baik!”, tutupnya.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *