Arah Dukungan Pemilih Jokowi, Pengamat: Prabowo Dinilai Dapat Melanjutkan Program Kerja

Momen Kebersamaan Jokowi dan Prabowo Tanam Mangrove Serentak, Disambut Antusias Warga

SUARAPANTAU.COM – Perubahan arah dukungan pemilih Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019 kepada sosok Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang tercermin dalam survei Litbang Kompas terbaru.

Pengamat politik, Arif Nurul Imam menyebut paling tidak ada dua alasan utama faktor pergeseran arah dukungan pemilih Jokowi.

Faktor pertama, Arif menyebut perubahan arah dukungan tersebut tidak terlepas dari endorsement masif yang dilakukan oleh Jokowi.

“Pertama, endorse Jokowi yang masif dan kemudian dibaca oleh para pendukung Jokowi,” jelas Direktur IndoStrategi Research and Consulting ini.

Baca Juga: Litbang Kompas: Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar dan Anies

Lebih lanjut ia menambahkan, faktor kedua adalah rasa percaya pemilih Jokowi kepada Prabowo. Arif menganalisis bagaimana Prabowo dinilai oleh para pendukung Jokowi sebagai sosok yang akan melanjutkan program kerja pemerintah.

“Kedua, pendukung Jokowi percaya bahwa Prabowo akan melanjutkan program kerja pemerintah saat ini,” jelasnya.

Hasil survei Litbang Kompas periode Mei 2023 mencatat perubahan arah dukungan pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di Pemilu 2019 kepada Prabowo.

Survei itu mengungkapkan, terdapat peningkatkan dukungan pemilih Jokowi kepada Prabowo. Yang semula berada pada angka 21% di periode Januari 2023, kini meningkat menjadi 26,2%.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait