Musyawarah Korps Alumni AMC di Palangkaraya Akan Bahas Isu Strategis Maritim

Sujono Hardiana, Amd Tra, SE, Ketua Steering Commite MUBES III Korps Alumni AMC

Potensi SDM Pelaut Indonesia di Pelayaran Dunia

Lebih lanjut, Sujono menambahkn, Indonesia memiliki potensi besar sebagai penyuplai Pelaut terbesar di dunia.

Namun kelemahannya adalah masih sangat sedikit yang terserap di pasar kerja internasional, kita harus evaluasi tentang kelemahan ini.

“Apakah Lembaga Pendidikan kepelautan di Indonesia kurang bisa meluluskan sesuai qualifikasi yang di butuhkan di pasar internasional, atau etos kerja pelaut Indonesia kalah dengan pelaut asing,” terangnya.

“Kita berharap pemerintah dan dunia industri pelayaran bisa lebih concern terhadap persoalan ini, karena peluang dunia internasional begitu besar untuk pelaut,” papar Sujono.

Manager di sebuah Stavedooring & Logistics Company swasta terbesar di Wilayah Cilegon ini menambahkan, di bidang transportasi dan logistik (supply chain) baik itu transportasi darat, laut dan udara, kompetensi sumber daya manusia masih sangat terbatas.

Terutama perusahaan shipping dan logistik juga masih memerlukan peningkatan, sehingga kendala yang selama ini terjadi khususnya terjadinya high cost.

Biaya transportasi logistik terhadap arus distribusi barang dapat di tekan, sehingga angka produksi barang bisa lebih efektif dan harga pasar bisa lebih kompetitif.

Lembaga Pendidikan tinggi bidang kelautan, transportasi logistik dan Pendidikan vokasi juga harus terus berbenah.

“Sehingga lulusan yang di hasilkan dapat mudah terserap di dunia kerja, dari hulu sampai ke hilir sektor kemaritiman Indonesia harus terus berbenah, agar mampu memenangkan persaingan menuju pasar global,” tutup Sujono.

(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait