Prima Trisna Aji: 6 Bahaya Tidur Tengkurap Bisa Akibatkan Meninggal Mendadak

Bahaya Tidur Tengkurap Bisa Akibatkan Meninggal Mendadak
Bahaya Tidur Tengkurap Bisa Akibatkan Meninggal Mendadak

TIDUR tengkurap memiliki banyak akibat buruk bagi tubuh dan bisa kerakibat fatal bagi kesehatan. Hal ini, sudah dilakukan berbagai riset dan juga sesuai dengan anjuran Islam agar menghindari posisi tidur tengkurap.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan wajib yang dibutuhan manusia untuk meregenerasi sel – sel yang sudah rusak. Kwalitas tidur yang baik akan mempengaruhi kesehatan manusia terutama pada organ dalam tubuh.

Selain kwalitas tidur, hal lain yang harus diperhatikan adalah posisi tidur yang baik. Posisi Tidur yang salah ternyata sangat fatal bagi kesehatan terutama kesehatan jantung.

Banyak orang yang tidak pernah menghiraukan posisi ketika akan tidur, padahal hal itu sangatlah penting bagi kesehatan. Apabila posisi tidur yang salah dilakukan terus menerus maka akan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Baca Juga: 7 Jenis Massage dan Manfaat untuk Kesehatan

Salah satu posisi tidur yang berbahaya bagi kesehtan jantung adalah posisi tidur tengkurap. Posisi tidur tengkurap merupakan posisi dimana dada menghadap sisi Kasur sehingga akan terjadi penekanan pada sisi dada sebelah depan. Posisi ini ternyata sangat berbahaya baik pada pasien sehat ataupun pada pasien yang mempunyai penyakit Jantung koroner.

Berdasarkan hasil penelitian Ilmu patologi forensik tahun 2017 didalam jurnal National Library Of Medicine menghasilkan penelitian bahwa Posisi tidur tengkurap (tengkurap) diketahui berhubungan dengan peningkatan risiko kematian mendadak dan tidak terduga yang signifikan pada masa bayi.

Hal ini juga didukung dengan penelitian yang sudah dilakukan oleh Profesor Rudolfo salah satu ilmuwan asal USA menyatakan bahwa posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur paling buruk diantara posisi tidur yang lain.

Baca Juga: Hasil Riset: 4 Manfaat Tidur Miring ke Kanan Sesuai Sunnah Rasul

Para ahli dan ilmuwan juga sepakat bahwa tidur tengkurap memberikan efek resiko yang berbahaya daripada manfaatnya untuk kesehatan. Tidak hanya itu posisi tengkurap juga sangat berbahaya bagi ibu hamil, dimana janin akan tertekan dan beresiko pada ketuban pecah dini ataupun abortus.

Dosen Spesialis Medikal Bedah yaitu Prima Trisna Aji menyebutkan sepakat terhadap teori penelitian tersebut, Efek berbahaya lebih besar apabila seseorang rutin tidur dalam keadaan posisi tengkurap.

“Posisi tidur tengkurap sangat berbahaya bagi kesehatan apabila dilakukan secara rutin karena bisa menyebabkan masalah kesehatan baik bahaya secara mendadak ataupun dalam jangka waktu yang lama”, Ungkap Prima Trisna Aji kepada Redaksi media online.

Rasulullah SAW pernah melihat seseorang yang tidur dengan posisi tengkurap. Kemudian Rasulullah SAW berkata, “Sesungguhnya ini adalah cara berbaring yang tidak disukai Allah.”

Baca Juga: Ketahui Bahaya Begadang: Biasakan Tidur Tepat Waktu

Sebab ketiga, tengkurap adalah posisi tidurnya ahli neraka. Ini disebutkan dalam hadis riwayat Imam Ibnu Majah dari Abu Dzar Al Ghifari RA.

Bahaya Tidur Tengkurap

Berikut ini beberapa bahaya tidur tengkurap:

  • Membuat tulang belakang menegang,
  • menyebabkan nyeri pada leher,
  • berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan ketuban pecah dini serta janin tertekan,
  • resiko serangan jantung berulang pada pasien yang mempunyai penyakit jantung koroner,
  • menyebabkan suara ngorok,
  • aliran nafas tidak lancar dan menyebabkan sesak nafas pada pasien yang mengalami masalah saluran nafas.

Dari Penelitian Mayo mengungkapkan ada hal – hal yang harus diperhatikan pada seseorang yang melakukan posisi tidur tengkurap antara lain : pemilihan bantal yang berukuran tipis untuk mencegah nyeri pada leher, dan pemilihan kasur yang baik pada posisi tidur tengkurap.

Selain itu, Peletakan bantal pada pada bawah panggul untuk meningkatkan kwalitas tidur dan melakukan peregangan diwaktu pagi hari sehabis bangun tidur.

Meskipun begitu menghindari posisi tidur tengkurap lebih baik dilakukan daripada efek kerugian pada posisi tidur tengkurap tersebut.

Baca Juga: Hasil Riset: Kesehetan Mental Remaja Indonesa Memiliki Masalah, Simak Penjelasannya!

Tidur dengan posisi tengkurap dapat mengganggu aliran darah ke pusat saraf otak. Ketika aliran darah menuju saraf pusat tersumbat, ini bisa menyebabkan rusaknya pusat saraf bagian kepala. Kondisi ini bisa berdampak buruk pada cara berpikir seseorang, yang nantinya jadi cenderung lebih lambat.

Sedangkan posisi yang dianjurkan untuk kesehatan adalah posisi tidur miring ke kanan sesuai Sunah rasulullah SAW. Posisi tidur miring ke kanan ini adalah solusi dimana banyak manfaat yang didapatkan daripada kerugiannya.

Manfaat posisi tidur miring ke kanan sangat baik bagi Penderta jantung koroner karena mengurang beban jantung serta paru – paru akan lebih maksimal dalam mencapai fase inspirasi dan ekspirasi. Posisi tidur miring ke kanan juga bisa mencegah serangan jantung berulang pada penderita jantung koroner.

Selain itu apabila posisi tidur yang baik kemudian diimbangi dengan durasi tidur yang cukup bisa membuat awet muda, dikarenakan sel – sel kulit diberikan kesempatan untuk melakukan regenerasi secara maksimal.

Penulis: Prima Trisna Aji
*Dosen Spesialis Medikal Bedah S3 PhD Lincoln College University Malaysia

 

Baca Juga:

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait