Tingkatkan Publikasi Riset, Universitas Mohammad Husni Thamrin menggelar The 2nd Research Day

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) sukses melaksanakam diseminasi hasil penelitian dan pkm dalam rangkaian acara The 2nd Research Day Tahun 2020.

Selama 2 hari berturut-turut (18-19 desember 2020) secara virtual, LPPM UMHT melaksanakan kegiatan besar sekaligus menutup kegiatan LPPM di tahun 2020 yaitu The 2nd Research Day dengan tema “Meningkatkan Peran Perguruan Tinggi Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19”.

Bacaan Lainnya

Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Mohammad Husni Thamrin Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo, SKM., M.CommH. Dalam sambutannya beliau menyemangati para Dosen untuk terus berkarya dalam bentuk penelitian dan PkM, peningkatan jabatan fungsional dosen hingga jenjang tertinggi melalui publikasi-publikasi hasil penelitian.

“Karena selain mengajar, penelitian dan PkM adalah dharma yang juga harus dijalankan secara proporsional.  Selain itu beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan research day seperti ini, karena kegiatan ini adalah salah satu perwujudan dari “academic climate” di kampus UMHT.” kata Prof.Dr. Soekidjo.

Sementara itu, kepala LPPM Dr. Nur Asniati Djaali, SKM., MKM. dalam laporannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Dosen UMHT atas kerjasama para Dosen dalam menyelenggarakan kegiatan penelitian dan PkM nya sehingga tahun ini seluruh kegiatan penelitian dan PkM dapat dilaksanakan dengan tuntas dan tidak ada Dosen yang terlambat dalam pengumpulan laporan.

“Total sebanyak 49 kegiatan penelitian dan PkM yang memperoleh hibah dapat dilaksanakan dengan baik meski dalam kondisi pandemi seperti ini.” cetus Nur Asniati

Rangkaian The 2nd Research Day hari pertama adalah pelaksanaan simposium dan hari kedua adalah diseminasi hasil penelitian dan PkM Dosen UMHT.

Acara simposium menghadirkan 3 (tiga) pembicara pakar, yaitu:
1) Prof. Dr. dr. Sudarto Ronoatmodjo, M.Sc. dengan topik Era Baru, Vaksin Covid-19 telah datang;
2) Dr. dr. Brian Sri Prahastuti, MPH dengan topik Pandemi Covid-19 dan Tantangan Urban Health;
3) Dr. Eko Setyo Pambudi, MKM. dengan topik Telemedicine di masa pandemi covid-19.
Simposium ini dipandu oleh dua orang moderator yaitu Dr. Dra. Susiana Dewi Ratih, MM. dan Ajeng Setianingsih, SKM., M.Kes.

Prof. Dr. Sudarto yang juga merupakan Guru Besar FKM UI ini dalam bahasannya mengatakan bahwa vaksin merupakan upaya yang dapat dilakukan saat ini dalam mengatasi pandemi covid-19. Herd immunity akan dapat dicapai jika jumlah vaksin cukup dan banyak penduduk yang antusias untuk divaksin.

Sementara itu Dr. dr. Brian yang merupakan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden sekaligus Dosen Pengajar pada Prodi S2 Kesehatan Masyarakat UMHT mengemukakan bahwa pandemi covid-19 memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan masyarakat bahkan pada semua aspek kehidupan manusia. Semua individu rentan dan berpotensi terhadap paparan covid 19.

“Jika ingin bertahan maka harus dipikirkan bagaimana reformasi harus dilakukan disetiap komponen sektor yang ada. Menurutnya hal ini adalah sebuah tantangan perubahan yang tidak bisa kita tolak, bahwa perubahan ini pasti terjadi. Oleh karena itu kita menggunakan istilah new normal, yaitu adaptasi kebiasaan baru. Artinya memang kita harus siap bahwa kebiasaan inilah yang akan menjadi bagian dari perilaku kita yang akan menetap seterusnya.” papar Dr. Brian

Kemudian Dr. Eko seorang Health Spesialist dari World Bank yang juga merupakan tenaga pengajar pada Prodi S2 Kesehatan Masyarakat dalam paparannya mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi seperti ini telemedicine bisa dijadikan sebuah upaya untuk menjaga agar pelayanan kesehatan tetap berjalan secara optimal.

“Namun memang tantangannya adalah dalam implementasi penggunaannya di masyarakat masih sangat rendah, hanya 8% rumah tangga yang menggunakan telemedicine dan masih banyak yang tidak tau bahwa telemedicine itu ada dan seperti apa. Sebagian besar masyarakat juga masih lebih memilih mengkonsultasikan kesehatannya dengan cara bertatap muka. Semua tantangan ini harus dapat dijawab dan dicarikan solusinya, salah satunya mungkin dengan melakukan upaya sosialisasi yang tepat sasaran dan menyeluruh.” Lanjut
Dr. Eko

Paparan hasil penelitian dan PkM

Selanjutnya pada hari kedua dilaksanakan diseminasi hasil penelitian dan PkM Dosen UMHT.
Semua tim dosen yang memperoleh hibah penelitian dan PkM baik hibah dari RistekBRIN maupun dari Hibah Internal Universitas memaparkan hasil kegiatan yang telah dilakukan selama masa pandemi tahun 2020. Terdapat total 49 hasil karya yang dipaparkan, yaitu 34 hasil penelitian dan 15 hasil PkM.

Diseminasi ini juga dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting. Kelas virtual dibagi menjadi 8 kelas yang terdiri dari 6 kelas dengan topik kesehatan, 1 kelas topik ilmu komputer dan informatika, dan 1 kelas dengan topik ekonomi manajemen dan juga ilmu pendidikan.

Pada masing-masing kelas dipandu oleh seorang penanggungjawab kelas dan seorang reviewer. Diskusi di setiap kelas berlangsung sangat aktif dan para dosen dengan kepakaran masing-masing dengan sangat antusias membagi pengalaman keilmuannya.

Terakhir Nur Asniati mengatakan bahwa kegiatan 2nd Research Day ini akan menghasilkan 3 output, yaitu Buku Prosiding Abstrak ber-ISBN, kumpulan poster hasil kegiatan penelitian dan PkM Dosen UMHT yang dikemas dalam video berdurasi 10 menit, dan 49 publikasi artikel pada jurnal nasional terakreditasi sinta.

Selain itu juga terdapat output lain berupa produk program komputer, lembar balik, poster, dan instrumen baku, yang semuanya sedang dalam proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual dalam bentuk Hak Cipta.

Terdapat 12 reviewer yang terlibat dalam diseminasi ini, melalui kepakaran masing-masing mereka menilai kelayakan ilmiah seluruh hasil penelitian dan PkM Dosen. Mereka adalah Prof. Dr. dr. Sudarto Ronoatmodjo, M.Sc., Prof. Dr. dr. Kusharisupeni, M.Sc., Dr. Sutanto Priyo Hastono, M.Kes., Dr. Susiana Dewi Ratih, MM., Dr. Nur Asniati Djaali, SKM., MKM., Dr. Ajeng Tias Endarti, SKM., M.CommHealth., Dr. Ellis Susanti, M.Sc., MM., M.Pd., Dr. Mansur Saparang, MM., Danarti Hariani, SP., MM., Ir. Yohanes Bowo Wibowo, M.Kom., dan M. Ikhsan Saputro, M.Kom.

Sementara tim dari LPPM UMHT yang juga mempunyai andil besar dalam mensukseskan acara ini adalah Rano Agustino, M.Kom., Nuralam, M.Tr.Keb., dan Frenta Helena Simaibang, S.Tr.Keb. (Ld.)

Facebook Comments

Pos terkait