Imadiklus Indonesia Minta Kemdikbud Perhatikan Pemulihan Pendidikan Daerah Korban Bencana Alam

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah se Indonesia (Imadiklus Indonesia) mengapresiasi langkah Kemdikbud RI melakukan pendataan sekolah yang rusak akibat Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat. (18/1/2021).

Ketua Umum IMADIKLUS INDONESIA, Ismail Mahmud mengungkapkan bahwa langkah cepat Kemdikbud untuk melakukan pendataan maupun bantuan kepada insan pendidikan perlu kita apresiasi bersama.

“Langkah Kemdikbud melakukan pendataan terhadap sekolah yang rusak dan memberikan bantuan kepada insan pendidikan perlu kita apresiasi sebab merupakan hal penting untuk segera memulihkan akses pendidikan jika sudah memungkinkan untuk dilakukan proses transformasi pengetahuan kepada peserta didik”, jelasnya

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini memang yang paling penting adalah memulihkan kondisi psikologis tenaga pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan dari musibah yang dialami.

Olehnya itu, lanjut Ismail, perlu tim dari Kemdikbud diturunkan yang tidak hanya mengurusi infrastruktur sekolah sebab kondisi saat ini juga masih Pandemi sehingga proses belajar kebanyakan masih dari rumah.

” Saat ini memang yang paling penting adalah memulihkan kondisi psikologis tenaga pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan dari musibah yang dialami. Olehnya itu, perlu tim khusus diturunkan yang tidak hanya mengurusi infrastruktur sekolah melainkan bagaimana upaya memulihkan mental anak anak (recovery mental)”, ungkap Ismail sapaan akrabnya.

Selain itu, Imadiklus Indonesia juga meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga memperhatikan beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia seperti banjir di Kalimantan Selatan, Manado, Maluku Utara, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur dan beberapa daerah di Indonesia yang mengalami bencana.

” Awal tahun 2021 ini negara kita diterpa oleh bencana di beberapa daerah yang ada di Indonesia, sehingga lokasi yang terkena bencana utamanya daerah terpencil ini juga harus menjadi perhatian bersama seluruh masyarakat, perlu tim khusus agar memulihkan mental masyarakat utamanya pelajar yang terkena dampak dari bencana ini agar mereka kembali bersemangat,” tambahnya.

Saat ini, Imadiklus Indonesia juga menggalang bantuan untuk korban bencana alam dan sudah menginstruksikan seluruh BPH/HMJ/HIMA Pendidikan Luar Sekolah di seluruh Indonesia untuk membantu korban bencana yang ada di Indonesia.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait