Komisi I DPR Bahas Jaringan 5 G Dengan Menkominfo

  • Whatsapp
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G. Plate

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA– Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) gelar rapat kerja dengan Menkominfo membahasan persoalan persiapan tata kelola jaringan 5 G. Rabu (7/4/21).

Dihadiri oleh menteri Kominfo, Johny G. Plate memaparkan terkait rencana pemerintah mempersiapkan penggunaan jaringan 5 G guna untuk menghadapi era perkembangan teknologi saat ini.

Bacaan Lainnya

Dalam pemaparannya, Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan keunggulan 5 G dibanding dengan gerenasi sebelumnya (4G). Selain untuk kecepatan transfer data yang lebih tinggi juga membuka kemungkinan pengembangan use case dan aplikasi yang beragam.

Iklan PU Makassar

“Jaringan 5G ini tentunya selain memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi misal mendownload film dengan durasi dua jam dengan waktu 36 detik dibanding sebelumnya membutuhkan 6 menit juga membuka kemungkinan pengembangan usecase dan aplikasi yang beragam dan mutkhir sehingga meningkatkan produktifitas ekonomi,” paparnya.

Politisi partai Nasdem itu juga mengatakan untuk merealisasikan hal tersebut membutuhkan tata kelola 5G yang komprehensif dengan paling sedikit membutuhkan 5 aspek kebijakan pendukung

“Realisasi 5G haruslah dikelola dengan komprehensif agar masyarakat dan pelaku mendapatkan pelayanan yang berkualitas  tentunya untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan  paling sedikit mendapatkan dukungan aspek kebijakan diantaranya aspek regulasi,spektrum frekuensi radio,model bisnis,infrastruktur,perangkat,ekosistem dan talenta digital,” lanjutnya.

Rencana tersebut didukung oleh komisi I DPR RI. Rapat yang dipimpin langsung wakil ketua komisi I, H.Bambang Kristiono di gedung parlemen senayan.

“Berdasarkan kesimpulan raker DPR RI  bersama menkominfo langkah pemerintah untuk menyiapkan kebijakan pendukung 5G secara komprehensif mencakup aspek regulasi,spektrum frekuensi radio,infrastruktur,model bisnis, serta aspek perangkat ekosistem talenta digital sehingga teknologi 5G mampu memberikan manfaat optimal kepada masyarakat dan menumbuhkan sektor ekonomi digital di indonesia,” papar wakil ketua komisi saat membacakan kesimpulan raker.

Komisi I DPR RI juga meminta pemerintah untuk mengkaji penerapan 5G guna meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan

“Komisi I DPR RI juga meminta kepada menkominfo untuk menganalisa dan mengkaji penerapan kebijakan 5G ini untuk meminimalisir dampak negatif yang akan ditimbulkan,” pungkas wakil ketua komisi I DPR RI.(*)

Facebook Comments

Pos terkait