Mengenal Sirajuddin Raih Gelar Doktor di Usia Muda, Disertasinya Diuji Dosen Cammberra of University

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MALANG – Sukses didunia akademik dengan berhasil meraih gelar doktor merupakan impian banyak orang. Tak terkecuali dosen muda Unismuh Makassar, Dr Sirajuddin.

Ia berhasil meraih gelar doktor usai mempertahankan disertasinya dihadapan penguji Dosen Cammberra University Australia, Sitti Maesuri,M.Pd.,Ph.D (27/4/2021).

Bacaan Lainnya

Akademisi muda asal Kabupaten Sinjai ini juga aktif dalam berbagai diskusi pendidikan melalui organisasi yang didirikannya yakni Pusat Pendidikan dan Bakat Indonesia (ETDC Indonesia).

Pria kelahiran 29 November 1989 ini tumbuh besar di salah satu perkampungan di Dusun Lembang Gogoso, Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe.

Meskipun terlahir jauh dari perkotaan tidak menghalangi tekadnya untuk terus melanjutkan pendidikan hingga hari ini resmi mencapai gelar doktoralnya di Universitas Negeri Malang.

Berbeda halnya dengan kampus-kampus lainnya yang biasanya ada promosi doktor, namun di Univeritas Negeri Malang ini hanya sampai pada ujian tutup.

Founder ETDC ini berharap capaiannya ini berkah dan bermanfaat bagi instansi yang menaunginya yakni FKIP Unismuh Makassar serta untuk kemajuan pendidikan ke depannya.

“Semoga capaian ini berkah dan bermanfaat kelak bagi instansi dan pendidikan di Indonesia, aamiin”. ungkap Sira sapaan akrabnya.

Sirajuddin memang sosok yang sangat mengedapankan pendidikan, terbukti diusianya yang masih tergolong muda, Ia berhasil meraih gelar doktor.

Mantan aktivis HIPPMAS Sinjai ini melakukan penelitian disertasi yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan judul “Karakterisasi Reproduksi Representasi Visual Geometris Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar”.

Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Tiga dari 126 Mahasiswa yang memenuhi syarat sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan penelitian yakni transisi Geometris dan Direct Geometris.

Dirinya berharap hasil penelitian ini dapat menjadi sumbangsi teori guna peningkatan pembelajaran, khusunya pada pembelajaran Aljabar.

“Semoga hasil penelitian ini bisa berkontribusi secara teori untuk peningkatan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Aljabar,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Cholis Sa’dijah,M.Pd.,MA selaku promotor, Dr. I Nengah Parta dan Dr. Sukoriyanto,M.Pd selaku co-promotor.

Juga ucapan terima kasih kepada semua penguji dan pimpinan Universitas Negeri Malang, serta kepada penguji tamu dari Cammberra University Australia, Sitti Maesuri,M.Pd.,Ph.D.

Tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada pimpinan Univeritas Muhammadiyah Makassar, khususnya pimpinan FKIP Unismuh Makassar.

“Saya mengucapkan terimah kasih kepada promotor, co-promotor, penguji dan pimpinan Universitas Negeri Malang, penguji tamu dari University Australia serta pimpinan FKIP Unismuh Makassar”, paparnya.

Selanjutnya ucapan terima kasih juga dilontarkan kepada seluruh keluarga dan calon istrinya dan kepada sosok motivatornya selama menempuh studi sejak S1 hingga merantau ke tanah Jawa untuk mencapai gelar doktoralnya. “terima kasih juga kepada keluarga dan calon istri saya Khadijah Darwin beserta keluarganya.

Ia juga menyebut Nasrun,S.Pd.,M.Pd dan Andi Hasrianti,M.Pd yang banyak berjasa dalam perjalanannya.

“Alhamdulillah, hari ini saya dapat capai hal tersebut yakni capaian doktoral. Serta ucapan terima kasih kepada teman-teman Group Perantau Ilmu dan terkhusus kepada Dr. Muhammad Ikram,M.Pd yg senantiasa membantu dalam penyelesaian Disertasi saya. Alhamdulillah, atas izin Allah atas segala kemudahannya yang telah dihadiahkan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan studi doktoral saya,” tutupnya.

Berikut Profil Singkat Dr Sirajuddin:

Nama : Sirajuddin
TTL : Sinjai, 29 November 1989
Anak dari : Tajuddin, S.Ag (Ayah) dan Sitti Nurhayati (Anak keempat dari enam bersaudara)
Riwayat Pendidikan: – SDN 142 Borong Ampirie I
– SMPN 5 Sinjai Selatan
– SMAN 1 Sinjai Selatan (2007)
– S1 Pendidikan Matematika Unismuh Makassar (2007-2012)
– S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya (2013-2015)
– S3 dengan Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Malang (2017-2021).

(*/red)

Facebook Comments

Pos terkait