Sembilan Tips Bersepeda untuk Menjaga Kebugaran Ditengah Pandemi oleh Risa Hadi

  • Whatsapp
Dosen Ilmu Keolahragaan Universitas Muhammdiyah Cirebon, Risa Hadi

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Pandemi Covid – 19 masih menjadi permasalahan dunia tak terkecuali indonesia telah berlangsung selama lebih dari setahun ini yang mengharuskan membatasi mobilitas masyarakat untuk mencegah penularan virus Covid 19 tersebut.

Selain hal itu untuk menjaga masyarakat dari virus covid -19 dianjurkan agar  menjaga imun melalui olahraga baik aerobik ataupun low impact seperti bersepeda, Sabtu (1/5/21).

Bacaan Lainnya

Iklan PU Makassar

Menurut Dosen Ilmu Keolahragaan  Universitas Muhammdiyah Cirebon (UMC Cirebon) Risa Hadi,M.Pd bersepeda  adalah kegiatan olahraga rekreasi serta salah satu moda transportasi darat yang kini menjadi pilihan masyarakat dalam menjaga imun ditengah pandemi covid-19.

Namun, menurut wasit futsal level 1 nasional AFP Jabar itu menyampaikan bahwa bersebeda dimasa pandemi haruslah memperhatikan protokol kesehatan. Berikut beberapa tips sebelum melakukan olahraga bersepeda ditengah pandemik:

1.Penggunaan alat pelindung diri selain masker, seperti helm dan pelindung siku atau lutut.
2.Penggunaan masker mutlak diperlukan untuk menjaga diri kita sendiri dan orang lain dari penularan penyakit. Pilih masker dari bahan yang mudah menyerap keringat, supaya kenyamanan Anda ketika bersepeda tidak terganggu.
3.Selalu bawa hand sanitizer di dalam tas kecil Anda
4.Cari rute perjalanan yang sepi, hindari daerah yang ramai atau rute populer yang banyak dilalui pesepeda lainnya
5.Menjaga jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit, termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.
6.Sebaiknya bersepeda dengan keluarga atau kerabat yang serumah untuk meminimalisir risiko terjadinya penularan COVID-19.
7.Apabila ingin bersepeda dengan berkelompok, batasi kelompok bersepeda maksimal lima orang
8.Apabila Anda ingin bersepeda dengan teman atau kerabat yang tidak serumah, pastikan Anda dan kerabat sudah melakukan tes pemeriksaan COVID-19 sebelumnya dengan hasil negatif, agar tetap aman. ”
9.Langsung pulang ke rumah dan mandi setelah bersepeda. Untuk sementara hindari dulu kegiatan buka puasa bersama dengan kerabat setelah bersepeda.

Adapun manfaat Bersepeda menurut praktisi olahraga rekreasi itu sebagai berikut :

1.Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.
2.Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.
3.Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.
4.Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.
5.Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.
6.Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

 

(*/SA)

Facebook Comments

Pos terkait