DPPKB Kepulauan Aru Mantapkan Program Kampung KB dengan Jalin Kemitraan Lintas Sektor

  • Whatsapp
Advokasi lintas sektor Dppkb Kepulauan Aru dengan Dinas Pertanian Kepulauan Aru

SUARAPANTAU.COM, KEPULAUAN ARU – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kepulauan Aru terus memantapkan kinerja untuk mewujudkan kampung KB yang merata. Hal tersebut ditandai dengan menjalin kerjasama sama dan Advokasi lintas sektor.

Kepala seksi pendayagunaan PLKB dan IMP DPPKB Kepulauan Aru, Johanis L Kailem melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Aru. Dalam kunjungannya diterima oleh Kabid Sarana dan Prasarana, Riko Lamidja. Kamis, 27 Mei 2021 kemarin.

Johanis L Kailem menjelaskan bahwa kerjasama lintas sektor utananya Dinas Pertanian akan membangun kampung KB yang lebih baik.

“Kampung KB diharapkan menjadi miniatur atau gambaran (potret) dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait secara sistemik dan sistematis,” jelasnya.

Dalam koordinasi tersebut, turut dihadiri calon penyuluh KB ahli pertama dari BKKBN Provinsi Maluku yang ditugaskan di Kabupaten Kepulauan Aru, Lutfi Sandi yang merupakan eksekutor lapangan dalam program kampung KB.

Dirinya juga menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan tidak sekedar penggunaan dan pemasangan kontrasepsi. Tetapi merupakan sebuah program pembangunan terpadu dan terintegrasi dengan berbagai program pembangunan lainnya, sehingga menjadikan sebagai wahana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai macam program yang mengarah pada upaya merubah sikap, prilaku dan cara berfikir (mindset) masyarakat kearah yang lebih baik.

(*/rls)

Facebook Comments