Hivos-Tempo Gelar Pelatihan Jurnalis Warga dan Investigasi Secara Daring

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Hivos bekerjasama dengan Tempo melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalis rakyat dan jurnalis investigasi di Kota Makassar. Kegiatan yang didukung Uni Eropa itu berlangsung secara online pada 21-26 Juni dan 30 Juni- 2 Juli 2021.

Manager Pengembangan Program Hivos, llham Saenong mengungkap sebanyak 15 warga dan delapan jurnalis ikut berpartisipasi pada kegiatan. Kata dia, partisipasi warga dan jurnalis sangat penting dalam memastikan anggaran pemerintah dimanfaatkan dengan benar.

Apalagi, di tengah pandemi covid-19 anggaran pada berbagai sektor sangat rawan untuk dimanipulasi terutama pada bidang pendidikan dan kesehatan yang nilainya signifikan. “Warga negara berhak mendorong proses pengadaan publik yang lebih transparan dan akuntabel,” kata Ilham, Jumat 25 Juni.

Sementara Redaktur Pelaksana Tempo yang juga trainer-mentor TempoWitness, Yosep Suprayogi berharap melalui program ini para peserta dapat memiliki kemampuan dalam publikasi anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apalagi, kata dia, mentor yang dihadirkan sangatlah berpengalaman dari TempoWitness.

“Kita ingin warga berani melaporkan kejanggalan, penyimpangan, dan penyalahgunaan penggunaan anggaran. Apalagi jika dialami sendiri oleh warga. Salah satunya dengan melapor ke TempoWitness,” kata Yosep.

Khusus untuk jurnalis, kata Yosep, diharap dapat menambah pengetahuan dalam melaksanakan investigasi. “Semoga jurnalis dapat punya pengetahuan dalam imvestigasi karena mentor yang kita hadirkan sangat berpengalaman di Tempo,” pungkasnya.

Facebook Comments