DPMK Dogiyai Akan Laksanakan Bimtek Bagi 73 Kepala Kampung

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, DOGIYAI – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Dogiyai, Yeron Agapa, S.H., akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pelatihan bagi 79 Kepala Kampung baru maupun lama sesuai hasil kesepakatan antara OPD dan 79 Kepala Kampung hasil Pilkades serentak yang telah dilantik Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, beberapa waktu lalu.

“Setiap kepala-kepala kampung yang baru dan lama harus dilakukan dalam waktu yang dekat karena memperbaiki setiap kampung oleh bapak bupati, rata-rata baru maupun lama sehingga kami berkewajiban memberikan Bimtek agar menjadi pedoman dan bekal pengetahuan dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala kampung,” ungkapnya usai acara pelantikan kepada awak publikasi Mediasi di aula GKI Kingmi Tanah Papua, Digikotu, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai. Selasa (3/8/2021)

Bacaan Lainnya

Bimtek adalah salah satu pengetahuan yang mengambil ilmu setiap Kampung pratugas yang akan digelar DPMK Dogiyai, dijelaskan bahwa para Kades akan diberikan berbagai materi.

Diantaranya menyangkut materi tugas pokok dan hak kewajiban kepala kampung, untuk memperbaiki, menata, pengelolaan dana kampung, pencegahan tindak pidana korupsi, sinergitas TNI/Polri dengan pemerintah kampung, harmonisasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung dan lain sebagainya.

Setiap kampung tinggalkan kenangan yang masa lalu, mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat setiap Kampung.

“Maka tetap kami akan koordinasi dengan para pihak yang ada diseberang untuk memiliki pedoman struktur Desa, sesuai dengan amanah Desa, nantinya menjadi narasumber (pemateri) dalam Bintek yang akan kami gelar,” kata cuaca dogiyai.

Para ketua PKK juga akan mendapatkan materi terkait peningkatan kapasitas kepribadian dan kompetensi diri serta menyangkut tata cara berpakaian.

“Para istri kepala kampung ini perlu juga dibimbing, karena selain mendampingi para suami mereka juga merupakan tulang punggung pemberdayaan keluarga,” jelasnya.

Sebelumnya Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa dalam sambutan meminta kepada DPMK sebagai OPD terkait untuk melaksanakan Bintek dan pelatihan bagi 73 kepala kampung yang dia lantik, maupun yang lama.

Khusus kebijakan umum yang mesti diketahui para kepala kampung menurut Bupati Dogiyai ada tiga poin diantaranya memperkuat nilai kemandirian kampung, untuk tata kelola pemerintahan kampung yang lebih baik, membangun kerjasama dengan semua pihak serta terhadap seluruh aparatur kampung.

“Kepala kampung juga diharuskan memahami tugas dan fungsi kewenangan serta kewajiban dalam hal pengabdian dan melayani bukan untuk dilayani. Maka Bimtek dan Pelatihan ini penting untuk dilakasanakan,” tutur Bupati Dogiyai Yakobus Odiyaipai Dumupa.

(*/Yeron Agapa)

Facebook Comments

Pos terkait