Ahmad Doli Kurnia: Biaya Pemilu Pilkada dan Pilpres 2024 Sekitar 140 Triliun

  • Whatsapp
KPU RI - SUARAPANTAU.COM

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ahmad Doli Kurnia mengatakan persiapan Pemilu, Pilpres dan Pilkada Serentak 2024 sangat mahal.

Dirinya mengatakan penyelenggara pemilu telah mengajukan permohonan anggaran sekitar Rp140 triliun.

Bacaan Lainnya

“Kita juga harus memahami bahwa pelaksanaan Pilkada atau Pemilu 2024 adalah pemilu yang sangat mahal. Kalau saya hitung-hitung, apa yang diajukan KPU, Bawaslu, baik APBN, APBD, itu kita estimasi hampir Rp140 triliun,” kata Doli dalam diskusi daring yang disiarkan kanal Youtube KPU Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (26/8/2021) tadi.

Doli menilai anggaran besar itu harus jadi perhatian semua pihak. Dengan begitu, semua pihak bersungguh-sungguh mewujudkan pemilu serentak dalam satu tahun kalender.

Doli tak merinci peruntukan anggaran tersebut. Politikus Partai Golkar itu juga tidak menjelaskan apakah anggaran tersebut dikeluarkan secara bertahap atau dalam satu tahun anggaran.

“Konsepkan sedemikian rupa supaya kita bisa pastikan biaya sebesar itu memberi efek positif terhadap demokrasi,” ujar Doli.

Dirinya berpesan kepada penyelenggara pemilu untuk serius merancang rencana pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Ia tak ingin ada dana yang digunakan untuk kegiatan yang tak bermanfaat.

(*/rls)

Facebook Comments

Pos terkait