Pesan HOAX Beredar Jelang PON XX, Ini Penjelasan Ketua GP Ansor Papua

Pesan Hoax Beredar Jelang PON XX Papua

SUARAPANTAU.COM, PAPUA – Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 yang tinggal menghitung hari lagi. Beberapa hari ini kembali beredar “screenshot” melalui pesan WhatsApp postingan sebuah akun fiktif yang menyudutkan masyarakat Papua yang mengatasnamakan Banser.

Sehingga ada beberapa tokoh di Papua menanyakan dan meminta agar PW GP Ansor Papua agar dapat segera memberikan penjelasan sehingga persoalan ini tidak menjadi viral dan menjadi blunder.

Maka Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Papua setelah berkoordinasi dengan Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser menegaskan bahwa potongan screenshot yang beredar melalui pesan WA tersebut adalah berita bohong alias hoax.

“Saya dikirimi potongan gambar tersebut oleh beberapa tokoh dan menanyakan apakah tulisan pada gambar tersebut benar dilakukan oleh anggota Banser,”

“Pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa saya selaku Ketua Pimpinan Wilayah GP. Ansor Papua telah berkoordinasi dengan Kasatkornas Banser Sahabat Hasan Basri Sagala dan beliau memastikan bahwa itu tidak dilakukan oleh anggota Banser, menurutnya itu jelas berita gorengan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Apalagi mengatasnamakan dari Banser,” kata HBS — panggilan akrab Hasan Basri Sagala kepada saya,” ungkap Gazali Husin Renngiwur selaku Ketua GP. Ansor Papua melalu rilis yang diterima SuaraPantau.co Kamis (2/9/2021)

Menurutnya ini kali kedua potongan gambar postingan hoax kembali beredar, bisa jadi tujuannya adalah untuk menggangu stabilitas kemanan di Papua menjelang PON XX setelah pertama kali di tanggal 15 agustus 2020 tahun lalu.

“Iya saya ingat tanggal 15 agustus 2020 postingan facebook ini viral melalui pesan WA dan tahun ini diakhir bulan agustus 2021 kembali beredar”, mungkin sekarang menjelang PON XX di Papua tulisan itu beredar dan digoreng kembali tujuan itu untuk memancing dan memperkeruh stabilitas nasional menjelang PON XX Papua Tahun 2021 yang tinggal menghitung hari”, ujar Gazali

Maka dirinya menghimbau kepada masyarakat Papua agar tidak mudah terprovokasi atas informasi hoax tersebut dan mengajak masyarakat Papua untuk mendukung dan mensukseskan PON XX Papua Tahun 2021 yang sebentar lagi diselenggarakan.

“ini adalah kesempatan bagi masyarakat Papua untuk menunjukkan bahwa “Torang Juga Bisa” mengelola multi-ivent nasional di Papua dan juga ini sebagai pesan kepada dunia bahwa Papua adalah bagian dari NKRI,” pungkasnya.

(*/rls)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait