Dosen Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNM Adakan Pelatihan Manajemen Kelas dan Pembelajaran Online

  • Whatsapp
LPPM UNM melaksanakan pelatihan manajemen kelas pembelajaran online di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Gowa, Sabtu, 4 September.

SUARAPANTAU.COM, GOWA – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan pelatihan manajemen kelas pembelajaran online di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Gowa, Sabtu, 4 September.

Kegiatan yang digagas oleh dosen dan mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNM itu disambut baik oleh Kepala SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Mustakim M., S.Kom., M.I.Kom.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Mustakim mengungkapkan rasa kesyukurannya karena telah didatangi oleh tim pengabdi dari kampus UNM. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

“Saya berharap bapak/ibu guru untuk memaksimalkan kesempatan ini dalam menyerap materi yang diberikan. Ini sangat membantu dalam kondisi pandemi terutama penggunaan PBM daring, bahan ajar dan ujian,” kata Mustakim.

Sementara itu, Ketua Tim PKM, Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd mengatakan kegiatan ini yang sangat bermanfaat untuk para guru SMA Insan Cendekia Syech Yusuf dalam meningkatkan kompetensi teknologi informasi dalam pelaksanaan pembelajaran online.

“Kita telah berkomitmen memperkuat sekolah ini, salah satu pilarnya adalah pengembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi. Kemudian, hal itu sudah kita rancang sejak dulu sebelum pandemi terjadi,” kata Prof Aris.

Ia menilai orientasi pembelajaran yang kita hadapi seperti blended learning adalah perpaduan antara model pembelajaran tatap muka dan online. “Makanya setelah pandemi tidak ini boleh berhenti,” ujarnya.

Ketua Dewan Pembina SMA Insan Cendekia Syech Yusuf ini berharap kegiatan pelatihan ini akan menjadi poin untuk memperkuat citra sekolah di bidang IT yakni sekolah dengan sistem yang modern.

“Sistem manajemen kedepannya tidak lagi menggunakan kertas, semua punya rekaman jejak digital atas segala aktivitas yang dilakukan. Tujuan terpenting dari manajemen ini adalah akuntabilitas,” pungkasnya.

Sementara Prof. Dr. Syamsu K., M.Si. dalam materinya menjelaskan tentang manajemen sekolah di tengah pandemi. Prof Syamsu memberikan pengalaman dan tantangan pembelajaran yang dihadapi selama pandemi.

Penjelasan lebih detail pada materi pembelajaran online ini disampaikan oleh Dr. Nurhikmah, M.Pd dibantu oleh tim. Terutama platform e-learning milik SMA Insan Cendekia Syech Yusuf. Fungsi fitur dalam e-learning ini di jelaskan secara detail penggunaannya.

Diketahui, Ketua Tim PKM Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd., Prof, Dr. Syamsu K., M.Si., Drs. Lutfi B, M.Kes. Ketua Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Dr. Nurhikmah, M.Pd beserta timnya. Direktur SMA ICSY, Kepala SMA Insan Cendekia Syech Yusuf dan Guru.

Facebook Comments

Pos terkait