Sport Science Makin Berkibar pada PON Papua

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, PAPUA – Pada perhelatan olahraga sekarang ini, termasuk pada PON XX Papua, sport science menjadi semakin penting dalam meningkatkan kualitas, baik kualitas atlet yang akan bertanding maupun kualitas penyelenggaraan suatu event olahraga.

Hal ini dikatakan oleh Dr. dr. Junaidi, Sp.KO saat melakukan launching bukunya yang berjudul Sport Recovery di hotel Horison kota Jayapura Papua pada minggu 26 September 2021.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Junaidi mengatakan bahwa program latihan peningkatan kapasitas fisik merupakan latihan bersifat intensif yang dapat memicu kelelahan. Gagal memenuhi kebutuhan pemulihan pada seorang atlet dapat menyebabkan akumulasi kelelahan, yang tidak hanya mengakibatkan berkurangnya toleransi beban kerja dan menurun kinerja atau performa, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera serta gangguan kognitif dan mood yang dapat mengarah terjadinya keadaan overtraining (latihan berlebih).

Menurut Junaidi, yang juga dosen pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, buku ini menjelaskan strategi-strategi untuk memperbaiki proses pemulihan guna memberi manfaat bagi atlet.

Pada acara launching tersebut dihadiri juga beberapa kolega dari Jayapura serta anggota kontingen DKI Jakarta pada PON Papua.

(*/rls)

Facebook Comments

Pos terkait