Sebanyak 9 Wartawan Lulus UKW Angkatan VII UMJ, 4 Dari Papua

  • Whatsapp
Foto Bersama Uji Kompetensi Wartawan

SUARAPANTAU.COM, TANGERANG – Sebanyak 9 wartawan dinyatakan lulus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Jakarta, Kota Tangerang, Sabtu (19/12) kemarin.

Uji Kompetensi itu digelar selama 2 hari, mulai tanggal 18 – 19 Desember 2021 berlangsung di Auditorium, UMJ Jakarta untuk wartawan jenjang Muda.

Terdiri dari 4 penguji dan 4 orang peserta asal Papua, 9 peserta dibagi 2 kelompak, kelompok 1 terdiri 5 orang dan kelompok kedua terdiri dari 4 orang peserta.

“Dari hasil ujian 9 peserta dinyatakan kompeten,” ujar Wahyudi M. Pratopo salah satu penguji kelompok 2 dalam sambutannya, sontak mendapat tepuk tangan dari para peserta.

Wahyudi juga mengatakan bahwa sertifikat dan kartu kompetensi akan diambil setelah sebulan, karena harus dikirim ke pihak dewan pers untuk memeriksa berkas tersebut lagi.

“Berkas-berkas yang sudah dikerjakan oleh peserta akan dikirim ke dewan pers dan dewan pers akan memeriksa. Dan akan dikeluarkan kartu nomor sertifikasi,” ungkapnya.

Setelah dinyatakan lulus, Wahyudi menambahkan bahwa peserta dituntut dalam menjalankan tugas sebagi jurnalistik lebih mengedepankan profesionalitas.

“Nanti dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik kedepannya harus bisa mencerminkan kompetensi dan profesionalisme itu,” tandasnya.

Ia juga meminta kepada para peserta kedepannya dalam menjalankan tugas jurnalistik tidak melakukan tindakan yang melanggar kode etik jurnalistik.

“Jangan sampai dinyatakan kompeten justru melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan kompetensinya,” pinta Pratopo.

Sementara itu, Aat Surya Safaat, penguji UKW juga menyampaikan pesan kepada peserta agar UKW menjadi bekal kedepannya lebih baik lagi.

“Momen ini ketika lulus pada uji kompetensi, itu adalah bekal kita, mau kemana kita kedepannya,” ujar Aat dalam sambutannya.

(*/Naldo)

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait