Saatnya Pemuda Diberi Kesempatan Menciptakan Peradaban Politik

Energi besar akan terkuras, mengerahkan otak dan emosi, kita berharap menuju pesta besar ini tidak lagi didominasi oleh persoalan-persoalan receh yang merusak citra dan harapan generasi muda dalam panggung politik yang tidak patut dicontoh. Harapan besar pola dan cara yang tidak beradab tidak lagi dipertontokan.

Pembalakan liar atas nama demokrasi bukan lagi  narasi dan tontonan yang dilakukan oleh elit. Tapi kita berharap proses panjang ini menjadi krang pembuka terciptanya Pendidikan dan harapan bagi pemuda untuk dapat terlibat aktif dalam panggung politik dengan cara-cara yang beradab sesuai harapan ideologi bangsa, yakni Pancasila.

Rasa-rasanya komitmen dan keinginan kuat harus mulai dibentuk dengan menghilangkan narasi-narasi besar nan abstrak dengan topeng politik jahat harus segera lemparkan dalam kubangan hitam masa lalu.

Sudah saatnya elit politik melangkah pada gerbong besar peradaban bangsa, agar pemuda melihat politik adalah jalan pembangunan yang harus dilalui dan menutup prasangka buruk tentang demokrasi dan berbagai simbolnya yang acapkali dianggap sebagai lingkaran setan oligarki serta sarana merepresentasikan kekuasaan saja, keluar dari pemaknaan sejatinya bahwa demokrasi merupakan star awal pembangunan nasional yang harus dilewati secara bijaksana dan beradab.



Kita tentu memiliki harapa besar tentang estafet pembangunan yang berkemajuan, semua ini harus dimulai dari wajah politik yang baik. Agar generasi bangsa ini mau terlibat aktif dan tidak jijik dengan kehidupan politik.

Pikiran kita tentu sangat menginginkan agar wajah aktor politik tidak terkesan putar pada itu-itu saja. Padahal demokrasi sejatinya distribusi pemikiran seluruh elemen lapisan masyarakat.

Tentu kita sadari wajah perpolitikan kita tidak lepas dari aktor atau pemain lama, jarang kita lihat pemuda aktif terjun pada ranah politik praktis. Belum lagi tentang Privilege, tak bisa kita pungkiri sebagian orang memiliki previlege yang lebih, dimana ada sebagian orang bahkan politisi muda yang mempunyai privilege akses yang mudah dalam menjangkau ruang perpolitikan yang ada.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan