Siapkan Generasi Paham Perpolitikan Tanah Air, Setjen DPR Gelar Seleksi Parlemen Remaja

  • Whatsapp
Parlemen Remaja 2022 bakal digelar secara tatap muka. Foto: Humas DPR RI

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI kembali akan menggelar event tahunan yaitu Parlemen Remaja.

Menurut Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna, Parlemen Remaja wadah pembelajaran politik bagi generasi muda khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di seluruh Indonesia.

“Para peserta Parlemen Remaja belajar secara langsung dinamika perpolitikan di tanah air secara komprehensif. Sehingga mereka dengan sendirinya akan menyadari pentingnya berdemokrasi secara benar,” terang Suratna di Gedung DPR RI, beberapa waktu lalu.

Setelah 2 tahun dilaksanakan secara daring (virtual), sambung Suratna, perhelatan Parlemen Remaja 2022 ini akan dilangsungkan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Dengan tatap muka, para peserta dapat lebih merasakan atmosfer sebagai Anggota Dewan sesungguhnya,” tutur Suratna.

Pada tahun ini Parlemen Remaja mengusung tema “Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku”.

Diusungnya tema tersebut menurut Suratna sudah sesuai dengan fenomena yang sedang marak terjadi. Dimana pelindungan data pribadi harus dimulai dari diri sendiri agar tidak mudah diakses apalagi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Pada momen ini, calon peserta akan turut mensimulasikan pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP),” tandasnya.

Ditemui di tempat yang berbeda, Kabag Humas Setjen DPR RI Minarni menyampaikan, puncak Parlemen Remaja akan diselenggarakan pada 10-14 Oktober 2022. Dimana, proses pendaftaran peserta akan dimulai pada tanggal 19 Juli – 19 Agustus 2022 di website https://parlemenremaja.dpr.go.id/.

“Setelah proses pendaftaran, Tim Panitia akan menyeleksi Calon Anggota Parlemen Remaja 2022 dan akan diumumkan pada tanggal 30 Agustus 2022,” terang Minarni.

Disampaikan Minarni, Parlemen Remaja selalu menghadirkan animo yang besar dari generasi muda. Tiap tahunnya, tak kurang dari 5.000 pelajar yang mendaftar untuk menjadi Anggota Parlemen Remaja.

“Jejaring alumni Parlemen Remaja juga turut andil dalam mempublikasikan seluas-luasnya kepada calon peserta Parja,” pungkasnya.

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait